alat musik gambus

Sejarah Alat Musik Gambus Lengkap ! (Beserta Fungsi dan Ciri)

Alat musik gambus memang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia, alat musik ini sudah sangat populer di Indonesia. Alat musik gambus sudah tersebar luas didaerah-daerah Indonesia. Hampir disetiap penjuru kota di Indonesia kalaian pasti bisa menemukan permainan alat musik yang satu ini.

Banyak sekali seniman-seniman jalanan atau pengamen yang kerap menampilkan kelihaiannya dalam memainkan alat musik gambus sambil membawakan senandung lagu.

Tak sedikit orang yang terhibur saat melihat aksi para pengamen jalanan menunjukkan skilnya dalam bermain alat musik gambus. Keunikan dan keindahan yang dihasilkan alat musik ini lah yang membuat para penonton tertarik, ditambah kemampuan skil para pemainnya yang membuat alat musik ini lebih enak untuk diperdengarkan.

Untuk kalian yang belum mengetahui mengenai alat musik gambus. Yuk kita pelajari bersama secara lengkap tentang alat musik gambus, mulai dari pengertian, fungsi, ciri-ciri, cara memainkan sampai sejarahnya. Langsung saja simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Alat Musik Gambus

alat musik gambus
rebanas.com/

Alat musik gambus adalah alat musik yang memiliki bentuk menyerupai alat musik ukulele, namun alat musik gambus memiliki badan yang oval. Sedangkan alat musik ukulele badannya terdapat lekukan dibagian tengahnya sama halnya seperti gitar akustik. Jumlah dawai atau senar dari alat musik gambus  yaitu 3 sampai 12 senar, tergantung besar kecil stang alat musik gambus yang digunakan.

Pada saat pertunjukkan orkes gambus biasanya alat musik gambus juga diiringi oleh beberapa alat musik lainnya, seperti alat musik gendang, biola, seruling dan tabla.

Tidak hanya alat musiknya saja yang populer, tetapi pertunjukkan orkes gambus juga sangat terkenal di Indonesia. Bahkan orkes gambus juga sempat ikut memeriahkan acara televisi nasional yang ada di Indonesia. Pada saat acara tersebut orkes gambus berfungsi sebagai pengiring tarian tradisional Indonesia yaitu zapin dan membawakan irama yang disebut irama padang pasir.

Asal-usul alat musik ini sebenarnya berasal dari daerah Timur Tengah dan dibawa ke Indonesia. Alat musik ini dipopulerkan oleh bangsa melayu yang terdapat di wiliyah Riau, Aceh, Palembang, dan Bangka Belitung. Sampai saat ini alat musik gambus sudah menjangkau keseluruh Indonesia.

Fungsi Alat Musik Gambus

musik gambus
lampost.co/

Gambus merupakan alat musik yang khas dari bangsa Melayu yang terdapat di pulau Sumatra. Tetapi sebenarnya alat muik ini berasal dari Timur Tengah yang memiliki nuansa islami. Diperkirakan alat musik ini sudah tersebar di Pulau Sumatra sejak jaman perdagangan Portugis dan Timur Tengah di Malaka.

Pada saat itu penduduk dari Timur Tengah membawa alat musik gambus dan mulai memperkenalkan kepada bangsa Melayu. Seiringnya berjalannya waktu bangsa Melayu mulai mengembangkan alat musik gambus dan memanfaatkan untuk beberapa kegiatan.

Berikut beberapa fungsi dari alat musik gambus

  • Alat musik gambus memberikan perubahan atau warna baru terhadap kesenian musik tradisional Melayu
  • Memberikan nilai budaya yang bernuansa islami terhadap bangsa Melayu
  • Sebagai media dakwah
  • Sebagai pengiring tarian zapin
  • Sebagai pengiring lagu yang mempunyai irama Timur Tengah dan tema lirik pada lagu tersebut berisi tentang keagamaan
  • Sebagai pengiring orkes gambus sekaligus menjadi elemen terpenting dalam pertunjukkan orkes tersebut.
  • Sebagai sarana hiburan

Ciri-ciri Alat Musik Gambus

alat musik gambus
raparapa.co

Alat musik gambus memang salah satu alat musik petik yang unik dan memiliki suara yang indah. Keunikan dan keindahan tersebutlah yang membedakan dengan alat-alat musik petik lainnya. Sehingga alat musik ini banyak sekali diminati guna untuk dipelajari.

Berikut ciri-ciri alat musik gambus yang memiliki keunikan dan keindahan.

  • Alat musik gambus terbuat dari bahan kayu
  • Dilengkapi dengan ukiran yang terdapat dibadan gambus dan stangnya
  • Ukuran alat musik ini mempunyai panjang sekitar 1 m dan tebalnya 10 cm
  •  Terdiri dari berbagai macam bentuk dan ukuran tergantung dengan jumlah dawai atau senar yang digunakan
  • Terdiri dari 3 sampai 12 senar
  • Alat musik gambus dapat dimainkan secara solo maupun orkes atau secara kelompok
  • Pada permainan orkes gambus alat musik gambus biasanya diiringi dengan beberapa alat musik seperti gendang, tabla, biola, dan seruling

Sejarah Alat Musik Gambus

Alat musik gambus, Sejarah alat musik gambus
interaktif.kompas.id

Alat musik gambus memang identik dengan bangsa Melayu, memang persebaran alat musik gambus di Indonesia berawal dari bangsa Melayu. Namun bukan berarti alat musik ini berasal dari bangsa Melayu.

Alat musik petik yang satu ini sebenarnya berasal dari daerah Timur Tengah yang dibawa oleh sekelompok pedagang dari daerah tersebut dan mulai menyebarkan kepada bangsa melayu yang ada di pulau Sumatra.

Persebaran alat musik gambus ke nusantara pada waktu itu bersamaan dengan masuknya agama Islam di nusantara. Hal ini bisa terjadi dikarenakan alat musik gambus merupakan salah satu media untuk dakwah atau alat untuk menyebarkan agama Islam.

Maka dari itu musik-musik yang diiringi dengan alat musik gambus memiliki nuansa yang Islami dan lirik-lirik pada lagunya menggunakan bahasa Arab.

Pada saat pesebarannya kepada bangsa Melayu, bangsa Melayu bisa menerima budaya tersebut dan mulai mengembangkannya.

Perbedaan Alat Musik Gambus Indonesia dengan Arab

alat musk gambus, jenis-jenis gambus
instrumundo.blogspot.com

Pada saat alat musik gambus dibawa dan mulai dikenalkan oleh bangsa melayu yang terdapat di Indonesia, sampai alat musik ini dikembangkan kembali oleh bangsa Melayu. Memang mempunyai banyak perbedaan antara alat musik gambus yang terdapat di Indonesia sekarang dengan alat musik gambus yang terdapat di negara aslinya sana yaitu Arab.

Berikut beberapa perbedaan antara alat musik gambus Indonesia dengan alat musik gambus Arab.

Alat musik gambus Indonesia :

  • Pada bagian kepala alat musik gambus Indonesia memiliki bentuk yang lebih sederhana, dibandingkan dengan alat musik gambus lainnya.
  • Kepala alat musik gambus dilengkap dengan ukiran-ukiran yang khas dari Indonesia yaitu menggambarkan beberapa simbol seperti tanaman, hewan, dan bunga.
  • Umumnya alat musik gambus Indonesia memiliki stang yang lebih kecil dan panjang.

Alat musik gambus dari Arab :

  • Jumlah dawai atau senar yang digunakan 11
  • Memiliki badan yang sedikit lebar
  • Stangnya pun lebih pendek dibandingkan dengan stang yang digunakan oleh masyarakat Indonesia, yang cenderung lebih panjang

Sekian pembahasan tentang alat musik gambus. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan pelajari juga tentang alat musik petik lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *