alat musik melodis

Pengertian dan Fungsi Alat Musik Melodis + Contoh Terlengkap

Alat musik melodis – Pada jaman sekarang siapa yang tidak tahu musik. Karena musik mempunyai sifat menghibur maka dari itu semua orang menyukainya. Musik sendiri tercipta dari instrument yang akan membentuk sebuah  irama-irama yang dapat menenangkan. Maka dari itu semua orang akan lebih memilih mendengarkan musik dikala sedang bersantai atau sekedar beristirahat sejenak.

Hampir setiap hari pasti kalian tidak akan ketinggalan untuk mendengarkan alunan-alunan musik baik secara sengaja maupun tidak disengaja. Pada saat ditempat umum pun sekarang pasti anda akan mendengarkan musik. Seperti contoh dipusat perbelanjaan pasti kalian akan mendengarkan musik.

Musik sebenarnya tidak populer pada jaman sekarang-sekarang saja pada jaman purba pun musik sudah mulai diperdengarkan. Musik sendiri diperkirakan sudah ditemukan sejak 180.000 tahun yang lalu. Pada jaman dahulu musik biasanya berfungsi sebagai pengiring upacara adat, sekedar hiburan dan mengiringi tari-tarian.

Alunan musik yang indah bisa tercipta karena tersusun dari beberapa instrumen dan tentunya dalam koposisi yang pas. Tidak semua orang dapat memainkan musik dengan bagus karena musik sendiri memupunyai takaran agar menghasilkan musik yang indah.

Setiap orang pasti tidak menyukai gaya musik yang sama atau mereka menyukai aliran-aliran musik yang berbeda. Mungkin kalian sebagian sudah mengetahui beberapa genre atau aliran musik yang sekarang populer seperti contoh pop, jazz, rock, pop punk dan masih banyak yang lainnya.

Disini saya akan membahas tentang alat musik melodis. Pasti sebagian dari kalian sudah pernah mendengar tentang alat musik melodis. Tapi sebelumnya saya akan menjelaskan tentang musik. Jadi kalian tidak hanya bisa mendengarkan saja tapi paling tidak kalian mengertilah tentang pengertian musik. Hehe.

Sebenarnya, apakah itu musik ?

Musik adalah susunan dari alat musik atau suara dan akan menghasilkan irama yang beraturan. Asal mula kata musik sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yaitu mousikos.

Mousikos melambang sebagai dewa keindahan yang ahli dalam seni dan trampil keilmuan.

Pengertian Alat Musik Melodis

alat musik melodis
pixabay.com

Untuk kalian yang masih belum mengetahui tentang apa itu alat musik melodis, disini saya akan menjelaskan tentang musik melodis. Alat musik sendiri terbagi menjadi tiga bagian yaitu alat musik melodis, alat musik ritmis dan alat musik harmonis.

Mungkin kalian sebenarnya  sudah pernah memainkannya, tapi belum mengeahui alat tersebut tergolong dalam alat musik yang mana.

Alat musik melodis adalah alat musik yang dapat mengahasilkan alaunan melodi atau dapat diartikan juga sebagai alat yang mampu mengeluarkan nada atau irama. Untuk kalaian yang masih bingun, kesimpulannya alat musik melodis dapat mengahasilkan nada seperti do, re, mi, fa, so, la, si, do.

Fungsi Alat Musik Melodis

alat musik melodis
pixabay.com

Alat musik melodis sendiri mempunyai fungsi sebagai pengatur nada dalam lantunan lagu atau musik. Pada era modern seperti sekarang banyak sekali jenis alat musik melodis yang dapat kalian temukan.

Tentunya semakin beragamnya alat musik melodis cara memainkannya pun juga beragam. Berbeda lagi dengan alat musik ritmis yang cara bermainnya lebih cenderung hanya dipukul. Ada banyak banyak variasi cara bermain alat musik melodis, seperti contoh dipetik, ditiup, ditekan, digoyang, digesek, dan dihisap.

Perbedaan Alat Musik Melodis dan Ritmis

alat musik melodis
pixabay.com

Alat musik melodis :

  • Memiliki irama dan nada atau dalam sebuah permainan musik yaitu notasi yang sering dikenal sebagai do, re, mi, fa, so, la, si, do.
  • Notasi diatas dapat dimainkan oleh musik melodi karena musik melodi terdapat tingkatan nada yang bisa diatur.
  • Dapat mengatur nada sesuai lagu yang akan dimainkan
  • Alat musiknya lebih bervariasi
  • Cara memainkan alat musik melodi sangat bermacam-macam tergantung dengan alat musiknya, ada yang ditiup, digesek, dipetik, ditekan, digoyang, dan dihisap.

Alat musik ritmis :

  • Tidak mempunyai nada atau irama tertentu, alat musik ini juga dikenal sebagai instrument yang tidak bernada
  • Meskipun alat ini tidak mempunyai nada atau irama, tapi alat musik ini sangat berperan penting karena alat musik ritmis berfungsi sebagai sebagai pengatur tempo
  • Cara bermainnya cenderung monoton atau sebagian besar alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul tapi juga ada dengan cara digoyang.
  • Mempunyai peran sebagai pengatur tempo dan memberi warna pada alat musik melodis agar tidak monoton

Contoh Alat Musik Melodis

Alat musik melodis memang mempunyai banyak macamnya, maka dari itu alat musik ini dibagi menjadi tiga jenis yaitu alat musik melodis tradisional, alat musik melodis klasik dan alat musik melodis modern. Sesuai dengan jenisnya alat musik melodis tersebut biasa digunakan untuk mengiringi musik tradisonal, musik klasik dan musik modern.

Saya akan memberikan beberapa contoh alat musik melodis tradisional dan modern.

Contoh Alat Musik Melodis Tradisional

Angklung

alat musik melodis
kolberg.com

Angklung merupakan alat musik yang sangat populer di Indonesia hampir dipenjuru pulau Jawa pasti kalian akan menemukan musik yang satu ini. Angklung sendiri sebenarnya berasal dari daerah sunda yang ada di Jawa Barat. Bahan dasar alat ini adalah dari bambu  yang dibentuk menyerupai pipa.

Besar kecilnya angklung yang dibuat mempengaruhi tinggi rendahnya nada. Cara memainkan alat musik yang satu ini pun sangat unik yaitu dengan cara digoyang-goyangkan. Alat musik angklung biasanya berfungsi untuk mengiringi lagu dan tari-tarian.

Sasando

alat musik melodis
wacana.co

Sasando merupaka alat musik asli dari Indonesia, alat musik ini dapat kalian temui di daerah Indonesia bagian timur yaitu di daerah Nusa Tenggara Timur tepatnya di pulau rote. Sasando sendiri terbuat dari bahan bambu, daun lontar dan senar.

Pada jaman dahulu masyarakat belum mengenal senar yang terbuat dari besi seperti sekarang. Masyarakat disana dahulu masih memanfaatkan bambu yag dibentuk menyerupai senar atau menggunakan lidi yang dipintal.

Cara memainkan alat musik sasando yaitu dengan cara dipetik. Alat musik sasando berfungsi untuk mengiringi lagu maupun upacara adat setempat.

Kecapi

alat musik melodis
kata.co.id

Kecapi merupakan alat musik yang berasal dari Pulau Jawa, alat musik ini dapat ditemui di daerah Jawa Barat. Kecapi terbuat dari bahan kayu dan dilengkapi senar sebagai sumber suara. Alat musk kecapi sangat berbeda dengan alat musik modern meskipun cara bermain sama seperti gitar yaitu sama-sama dipetik.

Kecapi mempunyai nada sendiri dan tidak sama seperti nada sekarang pada umumnya. Fungsi dari kecapi sendiri adalah sebagai pengiring seni petunjukan wayang, pengiring tari-tarian dan lagu.

Contoh Alat Musik Melodis Modern

Harmonika

alat musik melodis
pixabay.com

Untuk alat musik yang satu ini mungkin agak asing, karena orang-orang jarang menguasai alat musik ini. Harmonika tergolong alat musik modern.

Cara memainkan alat musik ini tergolong mudah yaitu dengan cara dihisap dan ditiup, tapi juga butuh keahlian agar mendapatkan suara indah.

Gitar

alat musik melodis
pixabay.com

Gitar merupakan salah satu jenis dari alat musik melodis yang cara memainkanya dengan dipetik. Alat musik yang satu ini memang sangat populer didunia. Alat musik gitar terbagi menjadi beberapa bagian yaitu badan gitar, stang gitar, dan senar.

Pada era modern seperti sekarang gitar terbagi menjadi dua jenis yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Alat musik ini diperkirakan berasal dari Persia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *