Gitar, alat musik petik

29+ Alat Musik Petik Tradisional dan Modern Beserta Asalnya (LENGKAP) !

Alat musik petik merupakan salah satu alat musik yang cukup populer dibandingkan alat musik lainnya. Mungkin alat musik yang satu ini kepopulerannya tidak akan pernah sirna. Karena alat musik ini terus berkembang mengikuti perubahan zaman.

Diera modern seperti sekarang alat musik petik juga masih tetap digemari oleh semua kalangan, tidak terkecuali dengan kalangan milenial. Alat musik petik yang paling umum digunakan oleh kalangan milenial sekarang yaitu alat musik petik modern, seperti contoh gitar dan ukulele.

Perlu kalian ketahui alat musik petik tidak hanya terdiri dari gitar dan ukulele saja, tetapi masih banyak alat musik petik lainnya. Alat musik petik sendiri terbagi menjadi dua yaitu alat musik petik tradisional dan alat musik petik modern.

Disini saya akan memberikan contoh lengkap alat musik petik, mulai dari pertama ditemukan sampai sekarang yang sering digunakan oleh kalangan milenial.

Alat Musik Petik Tradisional

Alat musik petik tradisional
multiculturalkidblogs.com

Alat musik petik tradisional merupakan alat musik petik yang berasal dari kesenian dan kebudayaan diberbagai daerah belahan dunia. Alat musik petik tradisional lebih banyak mempunyai ragam bentuk dibandingkan alat musik petik modern.

Hal ini dikarenakan keragaman dan keunikan bentuk, menggambar suatu kebudayaan dan ciri khas disuatu daerah. Berikut alat musik petik tradisional yang terdapat diberbagai belahan dunia.

Kecapi

alat musik melodis, alat musik petik
kata.co.id

Kecapi merupakan alat musik petik tradisional yang berasal dari suku sunda, lebih tepatnya di daerah Jawa Barat. Tetapi sebenarnya alat musik ini berasal dari negara tirai Bambu atau China.

Kemudian dibawa oleh masyarakat China ke Indonesia dan dikembangkan kembali oleh masyarakat sunda sesuai dengan kebudayaannya. Kecapi sendiri didaerah sunda dibagi menjadi dua jenis yaitu Kecapi Perahu dan Kecapi Siter. Masing-masing jenis kecapi tersebut mempunyai bentuk dan keunikan tersendiri.

Shamisen

Alat musik petik, alat musik jepang
shamisen-komatsuya.com

Shamisen merupakan alat musik tradisional yang berasal dari negara Jepang. Alat musik ini diperkirakan sudah ditemukan sejak abad 17, dan menjadi salah satu bagian penting bagi kebudayaan dan kesenian masyarakat Jepang.

Untuk tetap menjaga kelestariannya masyarakat Jepang sekarang sering mempertunjukkan dan memainkan diberbagai festival seni dan budaya. Selain itu juga dimainkan dalam berbagai rangka pertunjukan seperti teater, musik, tari, dan berbagai pertunjukan tradisional lainnya.

Sasando

alat musik tradisional indonesia, alat musik petik
wacana.co

Sasando merupakan salah satu alat musik asli Indonesia. Alat musik ini dibuat dan dikembangkan oleh masyarakat Pulau Rote di Nusa Tenggara Barat. Sasando sendiri diambil dari kata sasandu yang berarti bergetar.

Alat musik ini sudah dimainkan oleh masyarakat Rote sejak abad ke 7. Pada awalnya alat musik ini dulu dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami dan tidak terkecuali dengan senarnya. Bahan utama yang digunakan untuk membuat alat musik Sasando yaitu bambu dan daun lontar.

Harpa

harpa, alat musik petik
kaufmanmusiccenter.org

Harpa merupakan alat musik petik yang sudah dimainkan sejak zaman mesir kuno. Alat musik ini berbentuk segitiga dan pada umumnya mempunyai warna emas.

alat musik harpa serinkali digunakan dalam beberapa pertunjukan musik seperti jazz, orkestram, suara vokal, dan suara flute. Namun tidak sering juga dimainkan secara solo.

Gambus

alat musik gambus, alat musik petik
raparapa.co

Gambus merupakan alat musik yang berasal dari negara Timur Tengah, dan saat sudah tersebar luas di seluruh Indonesia. Alat musik gambus terdiri dari 3 sampai 12 dawai atau senar.

Alat musik gambus biasanya dimainkan dengan beberapa instrumen musik lainnya seperti, seruling, kendang, tabla, dan biola. Fungsi dari Gambus sendiri biasanya digunakan sebagai pengiring tari, lagu, dan beberapa upacara adat setempat.

Danbau

alat musik petik, Dan Bau
lucotravel.com

Danbau merupakan alat musik petik tradisional yang berasal dari Vietnam. Alat musik ini memang hampir menyerupai kecapi, tetapi alat musik ini hanya mempunyai satu kord saja.

Alat musik Danbu sudah ditemukan sejak tahun 1770. Menurut legenda masyarakat setempat alat musik Danbau dibuat dan dimainkan oleh seorang wanita buta. Wanita buta tersebut terpaksa mengamen ditempat-tempat ramai demi menghidupi keluarganya dikala suaminya sedang mengikuti wajib militer.

Hasapi

alat musik petik tradisional, hasapi
nesabamedia.com

Hasapi merupakan alat musik tradisional yang berasal daerah Batak Toba. Alat musik ini juga sering disebut sebagai Kecapi Batak, memang karena bentuknya tidak jauh berbeda dengan alat musik kecapi.

Hasapi sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu Hasapi Ende dan Hasapi Doal. Kedua jenis Hasapi tersebut mempunyai peran yang berbeda dalam permainan musik tradisional Batak. Hasapi Ende berperan sebagai melodi, sedangkan Hasapi Doal berperan sebagai pembawa ritem.

Selain mempunyai peran yang berbeda, ukuran dari kedua jenis Hasapi tersebut pun juga berbeda. Hasapi doal mempunyai ukuran lebih besar dibandingkan dengan Hasapi Ende.

Sampek

alat musik harmonis, alat musik petik
oddav.com

Dari segi fungsi, dalam kehidupan sehari-hari kesenian musik dan alat musik tradisional Dayak biasa digunakan sebagai media upacara adat. Selain itu juga digunakan sebagai sarana hiburan.

Sampek merupakan alat musik tradisional yang berasal dari suku dayak, yang berada di Kalimantan Timur. Alat musik ini biasa dimainkan dengan beberapa instrumen musik lainnya, yang tentunya juga berasal dari Dayak.

Jentreng

Jentreng, alat musik petik tradisional
tikarmedia.or.id

Jentreng merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Alat musik ini masih satu jenis dengan alat musik kecapi. Hanya saja alat musik jentreng hanya mempunyai tujuh dawai saja dan ukurannya lebih kecil.

Alat musik Jentreng pada umumnya terbuat dari bahan kayu kenanga atau kayu nangka.

Panting

Panting, alat musik petik tradisional
musiksenandung.weebly.com

Panting merupakan alat musik tradisional masyarakat banjar yang terdapat di Kalimantan Selatan. Alat musik ini hampir mirip dengan alat musik gambus yang bersal dari Arab, nemun ukurannya sedikit lebih kecil.

Pada awalnya masyarakat banjar memainkan alat musik panting secara solo atau perorangan saja. Seiring dengan perkembangan zaman alat musik panting dimainkan dengan menyertakan alat musik tradisional lainnya. Agar permainan musik panting lebih menarik.

Alat-alat musik tradisional yang sering digunakan sebagai pengiring permainan musik panting, seperti babun, gong dan biola.

Siter

Siter, alat musik harmonis, alat musik petik tradisional
budayajawa.id

Siter merupakan alat musik petik tradisional Jawa, alat musik ini tergabung dalam permainan musik gamelan Jawa. Kata siter sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu citer.

Alat musik siter mempunyai ukuran panjang kurang lebih 30 cm dan mempunyai jumlah senar 11 sampai 12.

Celempung

Celempung, alat musik tradisional
budayajawa.id

Celempung adalah alat musik tradisional Jawa, alat musik ini merupakan pasangan dari alat musik siter, yang sama-sama tergabung dalam permainan musik gamelan.

Alat musik celempung memiliki jumlah senar sama seperti siter yaitu 11 sampai 13 pasang. Namun untuk ukuran, celempung lebih besar dibandingkan dengan siter. Panjang dari celempung sendiri bisa sampai 90 cm.

Japen

Japen, alat musik petik tradisional
parang1khorasani.blogspot.com

Japen merupakan alat musik petik tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah. Alat musik ini cukup populer dibandingkan dengan alat musik tradisional Kalimantan Tengah lainnya.

Alat musik ini mempunyai bentuk layaknya gitar, dan pada badan alat musik japen memiliki ukiran-ukiran yang sangat unik yang menggambarkan kebudayaan daerah Kalimantan Tengah.

Pipa

Pipa, alat musik petik tradisional
id.aliexpress.com

Pipa merupakan alat musik tradisional yang berasal dari China. Alat musik ini diperkirakan sudah ada sejak zaman Dinasti Qin (221 SM-206 SM). Dihitung mulai dari sekarang berarti kurang lebih alat musik pipa sudah dimainkan sejak 2000 tahun yang lalu.

Alat musik ini dilengkapi dengan 4 sampai 5 buah senar, dan badan pipa terbuat dari bahan kayu.

Alat musik pipa dapat dimainkan secara solo atau perorangan maupun sebagai alat musik pengiring dalam pertunjukan orkestra. Tetapi kebanyakan alat musik pipa dimainkan secara solo.

Saung Gauk

Saung Gauk, alat musik petik tradisional
collections.ed.ac.uk

Saung Gauk meripakan alat musik petik yang bersal dari daerah Kalimantan Selatan. Dilihat dari segi bentuknya, memang sekilas alat musik ini hampir menyerupai alat musik Harpa, yaitu sama-sama memiliki bentuk yang melengkung. Hanya saja saung gauk memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan harpa.

Alat musik ini mempunyai 18 buah senar, dan badan saung gauk terbuat dari bahan kayu.

Sanxian

Sanxian, alat musik petik tradisional
auction.catawiki.com

Sanxian merupakan alat musik tradisional Tiongkok. Pada awalnya alat musik ini memiliki 3 buah senar, dan pada stang sanxian tidak terdapat fret untuk menekan kord atau kunci. Namun seiring berkembangnya zaman, sanxian diperbaruhi menjadi 4 buah senar.

Sanxian memiliki berbagai ukuran yang bervarian, tergantung dengan ciri khas masing-masing daerah, tetapi pada umumnya memiliki ukuran 85 cm. Untuk daerah utara di Tiongkok memiliki panjang 122 cm, dan daerah selatan 95 cm saja.

Alat musik sanxian dapat dimainkan secara solo maupun sebagai pengiring dalam permainan musik ensambel dan orkestra.

Yueqin

Yueqin, alat musik petik tradisional
euphonymusical.com

Yueqin atau sering disebut sebagai gitar bulan merupakan alat musik tradisional China. Alat musik ini memiliki 4 buah senar, dan memiliki badan atau tabung bulat besar. Maka dari itu alat musik ini disebut-sebut sebagai gitar bulan.

Alat musik yueqin sangat populer dikalangan bangsa han, yang terdapat dibagian barat daya China.

Yueqin terbuat dari bahan kayu dan senar dari bahan logam. Sehingga menghasilkan suara yang sangat unik dan khas.

Gayageum

Gayageum, alat musik petik tradisional
europeana.eu

Gayageum merupakan alat musik petik tradisional Korea, yang memiliki bentuk menyerupai kecapi dengan 12 senar. Seiring berkembangnya zaman alat musik gayageum sekarang sudah mengalami perubahan. Yang dulunya hanya memiliki 12 senar saja, sekarang memiliki 12 sampai 25 senar.

Badan alat musik gayageum terbuat dari bahan kayu dan senarnya terbuat dari nilon.

Dilihat dari segi sejarah alat musik ini sudah ada sejak Raja ke-6 dari kerajaan Gaya di Korea.

Koto

Koto, alat musik petik tradisional
soundofmountain.com

Koto merupakan alat musik tradisional Jepang, yang memiliki 13 buah senar dan menggunakan 5 tangga nada saja. Alat musik ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-7 pada kekaisaran Jepang.

Seiring perkembangan zaman alat musik ini terus mengalami perubahan. Perubahan yang paling signivikan dapat dilihat dari jumlah senar, yaitu menjadi 13 buah senar.

Pada awalanya, alat musik ini hanya bisa dinikmati oleh kalangan atas saja atau kaum bangsawan. Tetapi diera modern seperti sekarang semua orang bisa menikmati alunan musik Koto. Alat musik Koto tidang tergabung dengan kesenian musik lainnya, jadi Koto hanya dimainkan secara solo atau tunggal.

Sanjo

Sanjo merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Korea, alat musik ini adalah bentuk pengembangan dari alat musik gayageum. Pengembangan gaya permainan alat musik gayageum digabung dengan sanjo diciptakan oleh seniman musik Korea yang bernama Kim Changjo pada tahun 1890.

Sanjo sendiri menjadi awal perkembangan gaya permainan baru yang kemudian muncul gaya permainan sanjo lainnya.

Alat Musik Petik Modern

Alat musik petik modern merupakan alat musik petik yang berasal dari hasil pengembangan dari alat musik petik tradisional. Sebagian besar alat musik petik ini berasal dari manca negara. Berikut contoh alat musik petik modern, yang sebagian mungkin kalian belum mengetahuinya.

Gitar

alat musik harmonis, alat musik petik
pixabay.com

Gitar merupakan salah satu alat musik petik yang paling populer dibandingkan dengan alat-alat musik petik lainnya. Perlu kalian ketahui, sebenarnya gitar sudah ada sejak 1500 SM diwilayah Persia.

Pada awalnya gitar disebut sebagai citar, kemudian alat musik ini terus mengalami perkembangan sampai sekarang yang kita kenal sebagai gitar modern. Gitar modern sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu gitar akustik dan gitar listrik.

Harpa Gitar

Harpa gitar, alat musik petik
harpguitarmusic.com

Harpa Gitar merupakan alat musik modern yang berasal dari hasil penggabungan dari dua alat musik. Tujuan diciptakan harpa gitar yaitu, untuk menghasil alunan alat musik yang baru, tentunya unik dan menarik.

Bentuk dari Harpa Gitar sendiri seperti gitar akustik pada umumnya, hanya saja pada badan atau tabung terdapat tambahan lengkungan menyerupai alat musik harpa.

Ukulele

ukulele, alat musik petik
pixabay.com

Untuk kalian para penggemar musik keroncong pasti tidak asing dengan alat musik yang satu ini. Ukulele adalah sebuah alat musik yang menyerupai gitar akustik, namun memiliki ukuran yang lebih kecil.

Alat musik ini sudah ditemukan sejak tahun 1879 di Hawai. Kata ukulele sendiri diambil dari bahasa Hawai yang berarti kutu loncat.

Mandolin

mandolin, alat musik petik
pixabay.com

Mandolin merupakan alat musik petik yang berasal dari Italia. Alat musik ini sudah tersebar diseluruh dunia. Dan sering juga dipertunjukkan dalam kesenian musik Timur Tengah.

Untuk pertunjukan kesenian musik modern, biasanya mandolin sering digunakan dalam permainan musik seperti, musik klasik, bluegrass, rock dan irish. Pada awalnya alat musik mandolin sebenarnya hanya diperuntukan untuk pengiring tari-tarian saja.

Gitar Bass

gitar bass, alat musik petik
pusatreview.com

Gitar Bass merupakan alat musik modern yang menyerupai gitar listrik, namun ukurannya lebih panjang dibandingkan gitar listrik. Selain itu jarak antar fret juga lebih panjang karena senar yang digunakan juga lebih besar dibandingkan senar gitar biasa.

Senar yang terdapat pada gitar bass pada umumnya berjumlah 4, tetapi juga ada beberapa pemain yang menggunakan 6 senar.

Dobro

Dobro, alat musik petik
musiciansfriend.com

Dobro merupakan desain gitar resonator yang diciptakan oleh Jhon Dopyera, pada tahun 1928. Kata Dobro sendiri diambil dari singkatan Dopyera Brothers.

Sebelum membuat dobro John Dopyera sudah pernah membuat beberapa desain gitar lainnya. Jadi, Dobro sendiri adalah desain gitar resonator ketiga dari John Dopyera.

Banjo

Banjo, alat musik petik
banjo.com

Banjo merupakan alat musik yang berasal dari Amerika Serikat. Pencipta alat musik banjo sendiri sebenarnya warga negara asli Afrika, yang kemudian diperbudak di Amerika Serikat. Alat musik ini sebenarnya hasil penggabungan antara alat musik Afrika.

Banjo mempunyai 4 senar dan mempunyai bentuk badan bundar. Alat musik banjo biasanya digunakan sebagai pengiring musik, seperti bluegrass, folk, dan country.

Balalaika

balalaika, alat musik petik
pixabay.com

Balalaika merupakan alat musik petik yang mirip dengan gitar, yang berasal dari Rusia. Yang membuatnya unik dan berbeda dengan gitar pada umumnya, yaitu terletak pada badannya. Balalaika mempunyai badan yang berbentuk segitiga. Selain itu senar yang digunakan hanya berjumlah 3 sampai 4 saja.

Balalaika mulai populer di Rusia pada tahun 1700-an, yang dibawakan oleh suku Tartar. Alat musik ini biasanya digunakan sebagai pengiring tari-tarian tradisional yang terdapat di Rusia

Chapman Stick

Chapman Stick, alat musik petik
stick.com

Chapman Stick merupakan alat musik yang mirip dengan stang gitar atau gitar tanpa badan. Chapman Stick diciptakan oleh seniman yang bernama Emmett Chapman pada tahun 1970.

Chapman Stick mempunyai 12 senar, yang stang yang dibuat cukup lebar dibandingkan dengan stang gitar.

Nah, gimana ? Sekarang sudah pada tahukan alat musik petik selain gitar yang terdapat di dunia. Sekian informasi yang dapat saya berikan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *