alat musik ritmis

Pengertian dan Fungsi Alat Musik Ritmis + Contoh Terlengkap

Alat musik ritmis – Permainan musik memang sudah tidak asing didengar oleh telinga kita. Hampir setiap hari pasti kita mendengarkan alunan-alunan musik baik disengaja maupun tidak sengaja. Disetiap kegiatan kalian pasti akan mendengarkan musik. Memang musik tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Musik adalah susunan dari beberapa alat dan suara yang menghasilkan irama, nada dan suara. Musik yang sifatnya menghibur maka dari itulah fenomena musik tidak bisa dipisahkan dalam setiap kegiatan.

Musik sendiri sudah ditemukan sejak 180.000 tahun yang lalu. Belum ada tahu sejak kapan manusia sudah bermain musik, ilmuwan hanya bisa menemukan bukti manusia bermain pada saat kehadiran manusia modern atau homo sapiens.

Alunan musik yang bagus bisa tercipta karena tersusun dari komposisi musik yang pas dan tentunya harus membutuhkan keterampilan untuk memainkannya. Musik mempunyai fungsi yang tidak dapat ditinggalkan dalam sesuatu kegiatan seperti contoh untuk mengiri lagu, upacara adat, megiringi tarian dan masih banyak lagi.

Alat musik sendiri dibagi menjadi tiga bagian yaitu alat musik ritmis, alat musik harmonis dan alat musik melodis. Disini saya akan membahas tentang pengertian, fungsi, contoh, dan cara memainkan alat musik ritmis.

Sebenarnya apakah alat musik ritmis itu ?

Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu tentang musik ritmis atau bahkan sudah pernah memainkannya.

Pengertian Alat Musik Ritmis

alat musik ritmis
pexels.com

Alat musik ritmis adalah sebuah alat musik yang menghasilkan suara yang merdu tapi tidak bisa menghasilkan nada. Pada umumnya alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul.

Alat musik ini memang tidak bisa menghasilkan nada tapi bukan berarti cara memainkankannya dengan cara asal-asalan. Cara memainkan alat musik ritmis juga harus mempunyai keahlian dan keterampilan.

Tapi tidak seseorang tertentu saja yang bisa memainkanya, tidak menutup kemungkinan kalian juga bisa memainkannya. Asalkan tahu tehnik dan cara memainkannya pasti bisa. Bermain musik ritmis memang tidak sesulit memainkan musik melodis tapi juga harus membutuhkan ketekunan jiga ingin bisa memainkannya.

Fungsi Alat Musik Ritmis

alat musik ritmis
pexels.com

Alat musik ritmis sangat berperan penting dalam sebuah pertunjukan musik karena alat musik ini berfungsi sebagai pengatur tempo atau irama. Bagus tidaknya sebuah permainan musik itu tergantung dengan permainan musik ritmis. Maka dari itu para pemain musik ritmis itu harus benar-benar sudah ahli karena sebagai kunci utama dalam pertunjukan seni musik.

Apabila alat musik ritmis dimainkan dengan tidak beraturan atau dimainkan dengan tidak menggunakan tempo yang pas maka akan mempengaruhi alat musik yang lainnya. Sebuah pertunjukan akan rancu atau hancur hanya gara-gara kesalahan sedikit dari permainan alat musik ritmis.

Memang benar belajar alat musik ritmis tidak sesusah belajar alat musik melodis. Tapi kalian harus benar-benar bisa memainkannya karena kalian akan menjadi pengatur tempo dalam sebuah permainan musik.

Perbedaan Alat Musik Ritmis dan Melodis

alat musik ritmis
pixabay.com

Alat musik ritmis memang sangat berbeda dengan alat musik melodis. Dilihat dari cara bermainnya pun sudah berbeda dan tingkat kesulitan pun juga berbeda. Memang belajar alat musik melodis cenderung lebih sulit dari pada alat musik ritmis.

Seperti contoh belajar kunci gitar, alat musik melodis yang satu ini yang paling umum dipelajari bagi kalian yang baru awal-awal belajar pasti merasakan betapa sulit belajar alat musik yang satu ini. hehe. Tapi kalau sudah terbiasa atau sudah ahlinya ya gampang-gampang saja.

Berikut perbedaan alat musik ritmis dan melodis

Alat musik melodis :

  • Memiliki irama dan nada atau dalam sebuah permainan musik yaitu notasi yang sering dikenal sebagai do, re, mi, fa, so, la, si, do.
  • Notasi diatas dapat dimainkan oleh musik melodi karena musik melodi terdapat tingkatan nada yang bisa diatur.
  • Alat musiknya lebih bervariasi
  • Cara memainkan alat musik melodi sangat bermacam-macam tergantung dengan alat musiknya, ada yang ditiup, digesek, dipetik dan ditekan.

Alat musik ritmis :

  • Tidak mempunyai nada atau irama tertentu, alat musik ini juga dikenal sebagai instrument yang tidak bernada
  • Meskipun alat ini tidak mempunyai nada atau irama, tapi alat musik ini sangat berperan penting karena sebagai pengatur tempo
  • Cara bermainnya cenderung monoton atau sebagian besar alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul.
  • Sebagai pengatur tempo dan memberi warna pada alat musik melodis agar tidak monoton

Contoh Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis dibagi menjadi dua yaitu alat musik ritmis tradisional dan modern. Masing-masing cenderung memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan perkembangan jaman.

Seperti contoh alat musik ritmis tradisional lebih cenderung berfungsi sebagai pengiring tari-tarian atau pertunjukan budaya. Sedangkan alat musik ritmis modern lebih dominan sebagai pengiring lagu.

Contoh Alat Musik Ritmis Tradisional

Banyak sekali contoh alat musik ritmis tradisional yang sangat populer di daerah maupun dimanca negara. Keunikan dan keindahan suaranyalah yang dapat memikat hati para penikmat musik tradisonal. Alat musik ritmis tradisonal sendiri biasa difungsikan untuk mengiringi musik tradisional maupun tari-tarian.

Berikut beberapa contoh alat musik ritmis tradisional yang sangat populer di daerah maupun manca negara.

Gendang

alat musik ritmis
collections.nmmusd.org

Gendang merupakan alat musik ritmis yang dapat kita temukan di Pulau Jawa. Dalam pagelaran musik gamelan gendang sangat berperan penting karena  sebagai pengatur tempo.

Pada musik gamelan gendang berhak sebagai kapan musik itu akan dimulai atau kapan musik itu akan berhenti. Karena pemain genfdang akan memberikan kode kepada pemain musik lainnya.Bisa dibilang gendang sebagai kaptainnya lah.

Tifa

alat musik ritmis
negerikuindonesia.com

Alat musik pukul yang satu ini merupakan alat musik asli dari Indonesia. Alat musik ini dapat kalian temui di Indonesia bagian timur atau di daerah Maluku dan Papua.

Alat musik ini terbuat dari kayu yang tengahnya dilubangi dan kulit rusa yang sudah keringkan. Tifa terbagi menjadi beberapa bagian yaitu tifa potong, tifa jekir, tifa jekir potong, tifa dasar dan tifa bass.

Tifa biasanya difungskan sebagai pengiring tari-tarian dan upacara adat tertentu.

Rebana

alat musik ritmis
muslimedianews.com

Rebana memang hampir mirip sama kendang hanya saja rebana mempunyai bentuk pipih atau tipis. Alat ini musik ini berasal dari Timur Tengah sedangkan orang-orang dari suku melayu  hanya mempopulerkan di daratan Indonesia

Cara memainkanya dengan dipukul menggunakan telapak tangan. Berfungsi sebagai pengiring sholawat, lagu dan tari-tarian.

Contoh Alat Musik Ritmis Modern

Drum

alat musik ritmis
sweetwater.com

Alat musik ritmis ini tergolong alat musik modern. Drum sangat berperan penting dalam pertunjukan musik. Dapat dilihat dari beberapa pertunjukan musik modern kalian pasti akan melihat alat musik yang satu ini.

Drum tersusun dari beberapa bagian yaitu :

  • Snare
  • Bass drum
  • Floor tom
  • tom-tom
  • Simbal
  • Ride simbal
  • Cash simbal
  • Hi-hat
  • Pedal Bass
  • Pedal hi-hat
  • Tiang penyangga simbal
  • Tongkat pemukul.

Drum berfungsi sebagai pengiring lagu dan tari-tarian atau dance

Cara memainkan musik yang satu ini yaitu dengan cara memukulnya menggunakan tongkat kecil seperti tongkatnya para pesulap atau sering disebut stick drum. Bagi para peman drum disebut sebagai drumer.

Konga

alat musik ritmis
musik-produktiv.es

Konga merupakan alat musik pukul mempunyai bentuk menyerupai kendang hanya bentuk konga lebih panjang lagi. Alat musik ini terbuat dari kulit hewan dan kayu.

Konga dibagi menjadi dua jenis yaitu konga panjang dan konga rendah, keduanya diletakkan dipenyangga yang terbuat dari besi. Keduanya mempunyai fungsi yang sama yaitu pada umumnya sebagai pengiring dance  atau tari, tapi sering juga menjadi pengiring lagu.

Tamborin

alat musik ritmis
galerimusikindonesia.com

Alat musik ini terbuat dari besi atau logam. Tamborin biasanya digunakan untuk mengiring musik yang berirama riang atau menggambarkan kesenangan.

Cara memainkannya yaitu dengan cara digoyang-goyang. Alat musik ini dapat ditemui di daratan Eropa.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *