Alat musik tradisional indonesia

10+ Alat Musik Tradisional Indonesia yang Terkenal Sampai Manca Negara

Alat musik tradisional indonesia – Indonesia memang sangat kaya akan segalanya, seperti contoh kaya dalam segi suku bangsa dan lainnya. Selain terdiri dari berbagai macam suku bangsa Indonesia juga memiliki berbagai macam budaya seperti tarian daerah, pakaian adatnya, alat musik tradisional dan masih banyak lagi.

Tetapi disini saya akan membahas alat musik tradisional Indonesia yang paling populer, paling unik dan terkenal sampai kancah di dunia.

Alat musik tradisional Indonesia sangat banyak jenisnya, dari segi bentuk, keunikan dan cara memainkannya berbeda-beda. Dari Sabang sampai Merauke hingga tak terhitung berapa jumlahnya.

Selain itu alat musik Indonesia juga mampu besaing dikancah internasional. Sudah beberapa kali Indonesia menggelar acara festival musik tradisional dimanca negara. Dan sudah mulai mengajarkan permainan musik tradisional kepada turis-turis manca negara.

Macam-macam Alat Musik Tradisional Indonesia

Macam-macam alat musik Indonesia memang sudah tak terhitung jumlahnya, karena saking banyak. Tapi ada beberapa alat musik tradisional Indonesia yang sangat mendunia hingga turis-turis asing ingin mempelajarinya. Berikut alat musik tradisional Indonesia yang populer di manca negara.

Musik Gamelan

alat musik tradisional indonesia
kompasiana.com

Gamelan merupakan sebuah kumpulan alat musik tradisional Indonesia. Nama gamelan sendiri diambil dari bahasa jawa yaitu gamel yang berarti memukul. Memang sebagian besar alat musik gamelan cara bermainnya dengan dipukul, tapi ada juga sebagian yang dipetik maupun ditiup.

Musik gamelan biasanya lebih menonjolkan alat musik demung, gong, saron, peking, gambang dan kendang. Orkes gamelan dapat ditemukan dibeberapa daerah Indonesia seperti di Pulau Jawa, Madura, Lombok dan Bali. Alat musik yang satu ini memang cuku populer di Indonesia maupun lua negeri.

Banyaknya turis-turis asing yang berkunjung ke Indonesia membuat alat musik ini semakin dikenal. Bahkan alat musik gamelan sudah diajarkan dibeberapa universitas di Amerika.

Musik gamelan sendiri terdiri dari beberapa kumpulan alat musik diataranya sebagai berikut :

Kendang

alat musik tradisional indonesia
collections.nmmusd.org

Kendang merupakan salah satu musik pukul tradisional. Hampir disetiap daerah Indonesia dapat ditemukan alat musik yang satu ini. Alat musik kendang sangat berperan penting dalam permainan musik gamelan. Karena kendang sendiri berperan sebagai pengatur irama dalam orkes gamelan.

Dalam orkes gamelan alat musik kendang terbagi menjadi tiga bagian diantaranya :

  1. Ketipung atau kendang yang mempunyai ukuran yang paling kecil
  2. Kendang ciblon atau kendang yang berukuran sedang
  3. Kendang gedhe atau kendang kalih kendang yang mempunyai ukuran paling besar biasanya kendang ini dipasang dengan kendang ketipung

Alat musik kendang terbuat dari bahan kayu, kulit kerbau atau kambing, dan rotan.

Gong

alat musik tradisional indonesia
worldmarket.com

Gong merupakan alat musik yang sangat populer khusus di daerah Asia Tenggara dan Asia Timur. Alat musik ini juga termasuk bagian dari musik gamelan meskipun disetiap daerah memiliki fungsi yang berbeda. Asal mula nama gong sebenarnya berawal dari suara yang dihasilkan yaitu apabila dipukul akan menghasilkan suara gung atau gong.

Gong sendiri berbahan dasar leburan logam atau perunggu dengan permukaan yang dibentuk bundar, apabila nada yang dihasilkan belum pas akan terus dikerok hingga tipis.

Bonang

alat musik tradisional indonesia
jenisalat.com

Bonang merupakan alat musik yang mirip dengan gong tapi bonang memiliki ukurang yang lebih kecil, cara memainkannya pun sama yaitu dipukul. Dalam orkes gamelan bonang yang digunakan mempunyai tiga jenis yaitu :

  1. Penerus bonang yaitu jenis bonang yang mempunyai nada dua oktaf atau tertinggi dari jenis-jenis bonang lainnya.
  2. Barung bonang merupakan bonang yang mempunyai nada satu oktaf atau bernada sedang dibawah penerus bonang.
  3. Panembung bonang merupakan bonang yang memiliki ukuran yang paling besar tapi nada yang dihasilkan paling rendah diantara bonang kedua diatas.

Gambang

alat musik tardisional indonesia
mfa.org

Alat musik gambang merupakan salah satu alat musik yang termasuk dalum orkes gamelan. Gambang sendiri terdiri dari 18 bilah yang terbuat dari kayu yang masing-masing bilah mempunyai nada yang berbeda.

Nada yang dimiliki gambang ada 17 sampai 21 terdiri dari minor dan mayor. Nada yang paling tinggi dihasilkan dari bilah yang paling kecil atau pendek sedangkan nada yang paling rending dihasilkan dari bilah yang paling panjang.

Cara memainkan alat musik ini yaitu dipukul dengan dua buah alat pemukul gambang yang mempunyai bentuk pada ujung pemukul bundar dan dilapisi kain.

Suling

alat musik tradisional indonesia
kadaiku.com

Suling merupakan alat musik yang terbuat dari bambu dan mempunyai suara yang lebut, jadi sangat cocok dipadukan dengan orkes gamelan. Tapi pada umumnya suling-suling modern terbuat dari bahan perak atau plastik.

Cara memainkannya yaitu ditiup. Tapi bukan sekedar asal meniup, karena dibagian badan suling terdapat lubang-lubang yang berfungsi sebagai pengatur nada yang dihasilkan pada saat ditiup.

Demung

alat musik tradisional indonesia
wikipedia.org

Demung merupakan salah satu musik yang termasuk dalam musik gamelan dan masih satu keluarga dengan balungan. Dalam musik gamelan demung terdiri dari dua jenis yaitu pelog dan slendro.Cara memainkan demung yaitu dipukul dengan menggunakan pemukul demung yang berbentuk palu.

Demung sendiri terbagi menjadi tiga bagian yaitu tubuh demung, bilah demung danalat pemukul demung. Masing-masing bagian terbuat dari bahan yang berbeda seprti tubuh demung terbuat dari kayu, bilah demung yang terbuat dari logam atau perunggu dan alat pemukul demung yang terbuat dari kayu.

Kempul

alat musik tradisional indonesia
collections.nmmusd.org

Kempul merupakan alat musik pukul yang mirip dengan hanya saja berukuran kecil, alat ini memang masih satu set dengan gong. Alat musik ini biasanya digantung disekitaran gong dan dibunyikan secara bergantian dengan gong. Kempul mempunyai nada yang lebih tinggi dibandingkan gong.

Alat musik ini terbuat dari bahan logam atau perunggu. Cara memainkannya sama dengan gong yaitu dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul yang mempunyai ujung bulat dan dilapisi kain.

Angklung

alat musik tardisional indonesia
kolberg.com

Angklung merupakan alat musik multitonal atau alat yang mempunyai nada dua. Alat musik ini berasal dari kerajaan sunda yang terdapat di Jawa Barat. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat angklung ialah bambu, besar kecilnya bambu yang digunakan akan mempengaruhi tinggi rendahnya nada.

Angklung sendiri berfungsi sebagai pengiring upacara adat setempat dan sebagai penyemangat dalam pertempuran pada saat masa penjajahan. Tapi sekarang angklung lebih difungsikan sebagai sarana hiburan.

Cara memainkan angklung bukanlah hal yang sangat sulit untuk dilakukakan, cukup dibilang karena tinggal memegang bagian rangka dan menggoyangkannya.

Sasando

alat musik tradisional indonesia
wacana.co

Sasando merupkan alat musik pewtik yang berasal dari pulau Rote Nusa Tenggara Timur. Asal mula nama alat musik ini sendiri diambil dari bahasa Rote yaitu sasandu yang berarti bergetar atau berbunyi.

Alat musik sasando sendiri juga mempunyai tabung sama seperti gitar tapi tabung sasando terbuat daun lontar. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat sasando yaitu bambu, daun lontar dan senar.

Tapi pada jaman dulu masyarakat pulau rote belum mengenal senar yang terbuat dari nilon atau besi seperti sekarang. Dulu masyarakat sana hanya memanfaat bambu sebagai bahan baku membuat senar.

Seiring berkembangnya jaman senar yang digunakan alat musik sasando sudah diperbaruhi, dengan menggunakan senar berbahan besi.

Indonesia memang memiliki kekayaan benar-benar tak terhingga, untuk menambah pengetahuan kalian tentang kekayaan Indonesia baca juga tentang rumah adat di Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *