Belajar Kunci Gitar Lengkap + Contoh Lagu-lagu Terbaru

Apakah anda ingin memainkan gitar ? tapi tidak bisa memainkannya, tenang saja disini saya akan mengulas tentang belajar kunci gitar lengkap.

Banyak para kaum adam yang pengen bisa memainkan apalagi tipe laki-laki yang romantis.

Tidak usah bingung sekarang jaman sudah canggih cukup ketik digoogle belajar kunci gitar lengkap atau melihat tutorial diyoutube belajar gitar.

Anda sudah bisa belajar sendiri di rumah tanpa diajari oleh seorang guru yang profesional.

Bermain gitar itu sebenarnya tidak sulit seperti  yang anda bayangkan yang dibutuhkan hanyalah ketekunan, itulah kunci sukses untuk bisa bermain gitar.

Sebelum anda belajar gitar pertama-tama harus mempunyai gitar,  kalau itu kayaknya wajib ya. Hehe.

Sebelum memainkan tentunya gitar harus distem terlebih dahulu agar suaranya tidak fals. Tenang saja untuk kalian yang masih pemula jangan khawatir.

Apalagi jaman sekarang sudah canggih tentunya kalian tidak usah sulit-sulit untuk men-stem gitar cukup menggunakan aplikasi tuner yang bisa didownload diplay store android. Seperti contoh guitar tune.

Tapi saya juga akan mengajari anda cara men-stem gitar agar bisa mandiri, ya seharusnya pemain gitar itu wajib bisa men-stem gitar. Jadi tidak sekedar bisa main gitar saja tapi juga harus bisa men-stem. Untuk pemula bolehlah pakek aplikasi terlebih dahulu.

Pokoknya anda gak usah khawatir saya akan membahas tentang belajar kunci gitar lengkap sampai anda mahir memainkannya.

Sejarah Tentang Gitar

belajar kunci gitar lengkap
https://www.pexels.com

Sebelum anda belajar gitar anda seharusnya mengetahui sedikit tentang sejarah gitar, ya sebenarnya tidak wajib sih. Paling tidak anda tahulah sedikit-sedikit tentang sejarahnya kan makin tahu makin banyak ilmu. Hehe.

Gitar merupakan alat musik yang sangat populer tentunya semua orang sudah tidak asing lagi, alat musik yang satu ini. Sebuah alat musik petik yang mempunyai dawai, umumnya menggunakan jari untuk memainkannya. Gitar sendiri termasuk dalam alat musik melodis dan alat musik harmonis, sedangkan alat musik dibagi menjadi tiga golongan yaitu alat musik ritmis, melodis dan harmonis.

Alat musik yang satu ini sudah ditemukan sejak 1500 SM di wilayah Persia. Gitar sendiri diambil dari bahasa Inggris yaitu guitar atau dalam bahasa Indonesia gitar.

Pada umumnya gitar terdiri dari enam senar tapi tidak menutup kemungkinan ada lebih khususnya untuk pemain yang sudah profesional. Dimulai dari senar yang terkecil atau yang paling bawah sampai terakhir yang berada diatas sendiri.

Sumber suara dari gitar dihasilkan dari petikan senar atau getaran dari senar yang disimpan dibadan gitar sehingga suara menjadi bisa mendengung atau menghasilkan suara yang merdu.

Gitar terbagi menjadi dua jenis yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

Gitar akustik memiliki tabung atau badan gitar yang berlubang atau mempunyai ruang umumnya bentuk lubangnya bundar.  Gunanya untuk menyimpan suara dari hasil petikan senar yang bergetar.

Gitar listrik merupakan sebuah gitar yang menghasilkan bunyi dari  senar sama kayak pada gitar pada umumnya. Tapi sumber bunyi diubah menjadi arus listrik dan diteruskan ke amplifier sehingga suara yang dihasilkan keras.

Dari dulu sampai sekarang alat musik gitar sudah banyak sekali mengiringi berbagai macam musik, seperti musik klasik, musik ansambel, musik modern dan musik tradisional.

Cara Men-stem Gitar

belajar kunci gitar lengkap
https://www.pexels.com

Sebelum anda memainkan gitar hal yang paling wajib anda lakukan adalah men-stem gitar agar suara yang dihasilkan tidak fals.

Hampir semua orang beranggapan bahwa men-stem gitar merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Sebenarnya itu mudah hanya saja kebanyakan malas melakukannya.

Semua orang sekarang lebih mengandalkan memakai aplikasi, tapi untuk pemula tidak apa-apa sambil belajarlah pokoknya.

Sebelum kamu men-stem gitar, anda harus mengetahui standar nada masing-masing senar.

Macam tuning sebenarnya tidak hanya satu, ada beberapa tuning yang dipakai oleh gitaris ternama seperti contoh tuning drop D, tuning drop C, tuning drop B dan masih ada banyak yang lainnya.

Untuk kali ini kita akan belajar tuning yang standar aja yang paling umum digunakan oleh banyak gitaris yang tidak kalah terkenal.

Tuning standar nada persenar dari dulu sampai sekarang tetap sama tidak pernah berubah sudah paten yaitu EBGDAE.

Berikut ini adalah urutan senar mulai dari yang terkecil atau yang paling bawah

  • Senar nomer satu : E
  • Senar nomer dua : B
  • Senar nomer tiga : G
  • Senar nomer empat : D
  • Senar nomer lima : A
  • Senar nomer enam : E

Stem Gitar Manual

belajar kunci gitar lengkap
https://www.maringngerrang.com

Tahap-tahap men-stem gitar manual, setelah kamu paham dengan tingkatan nada dari bawah keatas hal yang selanjutnya harus kamu perhatikan adalah, sebagai berikut :

  • Pertama, yang harus kamu lakukan adalah men-stem senar paling atas atau nomor 6 dinada E, kalau ini kamu bisa menggunakan feeling atau mendengarkan lagu yang kuncinya berawal dari nada E. Contoh lagu yang menggunakan kunci E yaitu Bintang di Surga lagunya Peterpan.
  • Kedua, tekan senar nomer 6 difret/baris 5 dan samakan suara senar nomer 5 dengan senar nomer 6.
  • Ketiga, tekan senar nomer 5 difret/baris 5 dan samakan suara senar nomer 4 dengan senar nomer 5.
  • Ketiga, tekan senar nomer 4 difret/baris 5 dan samakan suara senar nomer 3 dengan senar nomer 4.
  • Ketiga, tekan senar nomer 3 difret/baris 5 dan samakan suara senar nomer 2 dengan senar nomer 3.
  • Ketiga, tekan senar nomer 2 difret/baris 5 dan samakan suara senar nomer 1 dengan senar nomer 2.

Stem Gitar Menggunakan Tuner Android

belajar kunci gitar lengkap
https://www.youtube.com

Tuner merupakan sebuah alat untuk men-stem gitar. Untuk anda jangan bingung-bingung beli dimana atau harganya berapa.

Sekarang tuner gitar sudah tersedia dalam bentuk aplikasi diandroid. Jadi anda tidak usah repot-repot untuk membelinya cukup mendownload saja.

Cara stem gitar menggunakan aplikasi android :

  • Tentunya anda harus men-download terlebih dahulu diplay store.
  • Download aplikasi guitar tune. 
  • instal aplikasi tersebut.
  • Buka aplikasi tersebut dan sudah siap digunakan.
  • Pilih senar mana yang akan terlebih dahulu distem
  • jangan lupa dekat handphone dengan gitar anda.

sebenarnya gampangkan tinggal kamu sekarang mempraktekannya, tahap yang paling penting dibagian belajar gitar sudah selesai sekarang tinggal ketahap selanjutnya.

Kunci Dasar Gitar

Kali ini kita belajar kunci dasar terlebih dahulu, kunci dasar gitar dibagi menjadi dua bagian yaitu kunci dasar mayor dan minor.

Sekedar saran untuk anda agar cepat bisa belajar gitar yaitu yang terpenting menghafal kunci gitar agar kamu lebih mudah untuk mempraktekannya. Sering memegang gitar tentunya tidak sekedar memegang tapi juga mempraktekan.

Saya akan memberikan contoh kunci gitar berserta gambar dan cara memegangnya agar kalian semua tidak bingung untuk mempraktekannya.

Macam-macam kunci dasar :

belajar kunci gitar lengkap
https://steemkr.com

Gambar diatas menunjukkan kunci A mayor, anda bisa menekan senar gitar yang sudah diberi titik-titik hitam. Dan mempraktekannya sesuai dengan gambar diatas.

belajar kunci gitar lengkap
https://rebanas.com

Gambar diatas menunjukkan kunci A minor, anda bisa menekan senar gitar yang sudah diberi titik-titik hitam. Dan mempraktekannya sesuai dengan gambar diatas.

belajar kunci gitar lengkap
https://steemkr.com

Gambar diatas menunjukkan kunci C mayor, anda bisa menekan senar gitar yang sudah diberi titik-titik hitam. Dan mempraktekannya sesuai dengan gambar diatas.

belajar kunci gitar lengkap
https://steemkr.com

Gambar diatas menunjukkan kunci D mayor, anda bisa menekan senar gitar yang sudah diberi titik-titik hitam. Dan mempraktekannya sesuai dengan gambar diatas.

belajar kunci gitar lengkap
https://pusatpandang.com

Gambar diatas menunjukkan kunci D minor, anda bisa menekan senar gitar yang sudah diberi titik-titik hitam. Dan mempraktekannya sesuai dengan gambar diatas.

belajar kunci gitar lengkap
https://steemkr.com

Gambar diatas menunjukkan kunci E mayor, anda bisa menekan senar gitar yang sudah diberi titik-titik hitam. Dan mempraktekannya sesuai dengan gambar diatas.

belajar kunci gitar lengkap
https://steemkr.com

Gambar diatas menunjukkan kunci E minor, anda bisa menekan senar gitar yang sudah diberi titik-titik hitam. Dan mempraktekannya sesuai dengan gambar diatas.

belajar kunci gitar lengkap
https://steemkr.com

Gambar diatas menunjukkan kunci F mayor, anda bisa menekan senar gitar yang sudah diberi titik-titik hitam. Dan mempraktekannya sesuai dengan gambar diatas.

belajar kunci gitar lengkap
https://www.uberchord.com

Gambar diatas menunjukkan kunci G mayor, anda bisa menekan senar gitar yang sudah diberi titik-titik hitam. Dan mempraktekannya sesuai dengan gambar diatas.

Posisi Yang Nyaman Bermain Gitar

belajar kunci gitar lengkap
https://www.pexels.com

Sebelum anda memainkan gitar atau mau berlatih kamu juga harus juga memperhatikan hal-hal yang tidak kalah penting. Hal yang perlu kamu lakukan adalah bermain dalam posisi yang nyaman agar terus betah untuk bermain.

Saran untuk anda yang masih pemula, jangan bermain dengan banyak gaya dulu kecuali kalau sudah profesional. Hehe.

Bermain dengan posisi berdiri, mungkin anda sering melihatnya para gitaris terkenal dalam menunjukkan skilnya. Tapi anda jangan ikut-ikut dulu itu akan mempersulit dalam proses belajar anda.

Coba aja kalau nggak percaya memegang kunci sambil berdiri pasti kalian akan kesulitan.

Disini saya akan memberikan tips untuk anda dalam duduk diposisi yang enak untuk belajar :

  • Sebaiknya anda mencari kursi nyaman yang terdapat sandarannya.
  • Duduk dalam posisi tegak bahu dan punggung sandarkan pada sandaran kursi.
  • Pangku badan gitar dikaki bagian kanan, kaki dalam keadaan kayak huruf V kalau kaki anda merapat atau menutup itu akan mempersulit anda.
  • Dekatkan badan gitar ke perut.
  • Pegang stang gitar dengan menggunakan tangan kiri.
  • Coba tekan satu persatu senar atau langsung saja mencoba menekan kunci dasar yang sudah saya beri contoh sebelumnya.

Latihan Senam Jari

belajar kunci gitar lengkap
https://www.youtube.com

Melatih otot tangan atau latihan senam jari, untuk yang ini juga sangat membantu agar anda bisa lebih cepat untuk bermain gitar. Tentunya untuk anda ini kata-kata yang agak asing masak mana ada yang namanya senam jari.

Senam jari dalam permainan gitar merupakan melatih otot-otot jari agar bisa kuat untuk menekan kunci gitar atau agar terbiasa. Dengan cara menekan fret secara berurutan dengan menggunakan empat jari secara terus menerus.

Untuk anda sebelumnya belum pernah memencet senar gitar pasti akan kesakitan. Memang itu hal yang sangat lumrah terjadi. Lama-kelamaan anda akan terbiasa sendiri.

Pokoknya sering-sering mencoba jangan menyerah kalau pengen cepat bisa.

Biasanya yang akan dialami oleh para pemula yaitu jari-jari akan menjadi kapalan. Memang itu akan terjadi oleh semua orang yang masih awal-awal belajar gitar.

Jadi anda jangan kaget lagi, seiring berjalannya waktu itu akan hilang-hilang sendiri.

Mempunyai Motivator

belajar kunci gitar lengkap
https://www.pexels.com

Kalau yang satu ini juga sangat berperan penting untuk anda agar terus semangat belajar. Biasaya anda pengen bisa bermain gitar karena termotivasi oleh seseorang ?

Mencari motivator juga tidak harus dari kalangan gitaris terkenal, bisa juga dari teman.

Seperti contoh teman bisa memainkan gitar anda juga pengen bisa memainkannya. Jadi anda terpacu untuk ingin belajar.

Jujur saja pada awalnya saya juga gitu saya termotivasi dari teman saya. Setiap kali saya melihat teman saya bermain kok enak ya. Saya mencoba meminjam gitarnya tapi ternyata tidak gampang juga.

Memang semuanya itu tidak ada yang instan, kalau kita pengen bisa kita yang harus berusaha dan belajar dengan tekun.

Saya dulu pas awal-awal belajar terus berfikir kalau teman saya aja  bisa masak saya tidak bisa. Itulah motivasi saya yang membawa saya agar terus berusaha lebih keras.

Memang semua orang memerlukan dorongan untuk dirinya agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Motivasi memang datangnya dari luar yang sifatnya akan mempengaruhi kita.

Jadi secara tidak langsung kita akan terpengaruh dari apa yang dilakukan orang lain.

Tips agar lebih cepat bisa memainkan gitar :

  • Carilah motivator gitaris yang tidak diragukan lagi kemampuannya.
  • Sering-sering melihat video dari motivator agar anda lebih termotivasi untuk belajar.
  • Selalu berprinsip kalau saya harus bisa, yang lain bisa masak saya tidak bisa.
  • Yang paling penting nih ya, jadikan motivator anda sebagai pesaing. Semangat masa muda kita biasanya akan lebih membara jika mempunyai pesaing.
  • Percaya kelak kemampuanmu bisa mengalahkan motivatormu.
  • Mempunyai target tertentu. Seperti contoh dalam jangka waktu 2 bulan saya harus sudah bisa bermain gitar karena akan mengikuti festival band.
  • Kalau anda sudah bisa tentunya anda jangan langsung berbangga diri, anda harus belajar teknik-teknik baru.
  • Yang tidak kalah penting juga, anda jangan lupa berdoa agar diberi perkembangan untuk kedepannya.

Sedikit cerita dari saya, saya dulu baru belajar gitar sekitar satu bulanan sudah diajak temen saya untuk membuat band. Selang satu bulan kemudian kita membuat band sudah diajak ikut lomba aja.

Jadi anda harus percaya bahwa anda pasti bisa.

Contoh Lagu-lagu Terbaru

Naif – Benci Untuk Mencinta

Intro : C Am C F Fm Em G

C
Oh… betapa saat ini
Am                  F
ku benci untuk mencinta
Fm    Em G
mencintaimu…

C
Oh… betapa ku saat ini
Am                  F
Ku cinta untuk benci
Fm      Em  G
Membencimu…

Reff :
C                     E
Aku tak tahu apa yang terjadi
Am              C
Antara aku dan kau
F
Yang ku tahu pasti
Fm               C     G
Ku benci tuk… mencintaimu

Musik : C G Bb Am Dm A C G
Em Am Bb F G

Reff :
C                     E
Aku tak tahu apa yang terjadi
Am              C
Antara aku dan kau
F
Yang ku tahu pasti
Fm               C     G
Ku benci tuk… mencintaimu

C                     E
Dan aku tak tahu apa yang terjadi
Am              C
antara aku dan kau
F                Fm           C     Em Am
Yang ku tahu pasti ku benci tuk mencintaimu…
F                Fm           C     Em Am
Yang ku tahu pasti ku benci tuk mencintaimu…
F                Fm           C
Yang ku tahu pasti ku benci tuk mencintaimu…

Anji Bidadari Tak Bersayap

Intro : C Fm C D
F Em Dm G C..C

C        Fm
bidadari tak bersayap
C         D
datang padaku
F          C     Am
dikirim Tuhan dalam
Dm    G     C
wujud wajah kamu
F         C     Am
dikirim Tuhan dalam
Dm   G    C
wujud diri kamu..

C              Fm
sungguh tenang ku rasa
C         D
saat bersamamu
F        C     Am
sederhana namun indah
Dm     G C
kau mencintaiku..
F        C     Am
sederhana namun indah
Dm     G C
kau mencintaiku..

Reff 1 :
C        G
sampai habis umurku
F      C
sampai habis usia
G        Am
maukah dirimu..
F         C
jadi teman hidupku
C         G
kaulah satu di hati
F       C
kau yang teristimewa
G        Am
maukah dirimu uu..
F     G     C
hidup denganku..

C         Fm
diam-diam aku
C             D
memandangi   wajahnya
F          C     Am
Tuhan ku sayang sekali
Dm   G   C
wanita ini
F          C     Am
Tuhan ku sayang sekali
Dm   G   C
wanita ini..

Reff 2 :
C         G
sampai habis nyawaku
F      C
sampai habis usia
G        Am
maukah dirimu..
F         C
jadi teman hidupku
C         G
kaulah satu di hati
F       C
kau yang teristimewa
G        Am
maukah dirimu uu..
F     G     C
hidup denganku..

#)
F       G     Am
katakan  yes, i do
F    G    Am
jadi teman hidupku
F     G     C
du..dudu..dudu..
F    G     C
du..dudu..dudu..dududu

Musik : C G F C
G -E Am G
F G C..
G C Am G F..
G..
hoo…

Reff 3 :
C        G
sampai habis umurku
F      C
sampai habis usia
G        Am
maukah dirimu..
F         C
jadi teman hidupku..
C        G
kaulah satu di hati
F       C
kau yang teristimewa
G    E   Am G
maukah dirimu uu..
F     G     C
hidup denganku..

#)
F      G      Am
katakan  yes, i do
F     G   Am
jadi teman hidupku
F     G      C
katakan  yes, i do
F     G     C
hiduplah denganku
F    G    C
jadi teman hidupku…

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *