ciri-ciri negara berkembang

Pengertian Negara Berkembang Berserta Ciri-ciri dan Contoh

Setiap negara mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, maka dari itu negara didunia ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu negara maju dan negara berkembang.

Atau dalam bahasa internasional dikatakan sebagai developed country and developing country.

Developed country merupakan developed atau develop yang mempunyai arti berkembang apabila didepannya ada tambahan kata ed berarti dalam bentuk past atau sudah terjadi. Sedangkan country sendiri memiliki arti negara. Jadi developed country mempunyai arti secara keseluruhan yaitu negara yang sudah berkembang atau negara yang sekarang maju.

Sedangkan developing country yaitu develop artinya sama berkembang tapi apabila ada tambahan ing artinya sedang berkembang jadi developing country dapat diartikan negara yang sedang berkembang.

Pengelompokkan tersebut sebenarnya bermula dari negara barat diera penjajahan. Mereka menganggap bahwa negara bekas jajahan merupakan negara yang masih dalam tahap berkembang.

Tapi pada saat sekarang perbedaannya dapat dilihat secara signifikan. Dapat dibedakan dari beberapa aspek.

Secara umum negara maju merupakan negara yang mempunyai tingkat Sumber Daya Manusia (SDM) cukup tinggi sedangkan negara berkembang merupakan negara yang mempunyai tingkat sumber daya manusia dibawah negara maju bisa dikatakan cukup rendah.

Disini saya akan membahas tentang negara berkembang.

Jadi apa sih sebenarnya itu negara maju dan berkembang ?

Tentunya kalian pasti sudah pernah diajarkan tentang negara maju dan berkembang pada saat dibangku SMP bukan ?

Negara berkembang dapat diistilahkan juga sebagai negara yang memiliki tingkat kesejahteraan yang cukup rendah. Dan sering diindetikan sebagai negara yang miskin.

Bisa juga dikatakan negara yang cukup tertinggal dari beberapa aspek yang dimiliki negara maju. Tapi negara maju belum tentu juga memiliki apa yang dimiliki negara berkembang. Seperti contoh kekayaan-kekayaan alam, keragaman budaya dan masih banyak yang lainnya.

Karena negara berkembang rata-rata masih memegang teguh dengan keragaman budaya, tradisi-tradisi yang masih dijalani. Menurut mereka itu merupakan peninggalan nenek moyang yang harus terus dijaga.

Sedangkan negara maju rata-rata budayanya sudah tergerus dengan perkembangan jaman. Perkembangan yang secara besar-besaran seperti contoh teknologi dan informasi. Karena menurut mereka budaya nenek moyang yang sangat primtif, jadi dia memilih berinifasi untuk mengembangkan teknologi dan informasi untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Pengertian Negara Berkembang

ciri-ciri negara berkembang
pixabay.com

Negara berkembang adalah negara yang memiliki masyarakat tingkat kualitas hidupnya atau kesejahteraannya masih dibawah rata-rata. Negara yang masih dalam proses perkembangan.

Mengapa suatu negara bisa dikatakan masih berkembang ?

Karena negara tersebut hanya bisa memanfaatkan sumber daya alam yang dimilikinya, yang diambil secara besar-besaran. Sumber daya alam yang diambil dalam jumlah yang banyak lama-lama akan habis dan punah, apalagi sumber daya alam yang tidak dapat diperbaruhi.

Rata-rata negara berkembang belum bisa berinofasi untuk menciptakan sumber daya baru agar bisa menggantikan sumber daya alam yang semakin hari semakin menipis.

Negara berkembang mempunyai tingkat pembangunan yang tidak merata disetiap daerahnya. Tingkat perekonomian belum bisa mencapai standart dan tentunya belum bisa merata.

Bentuk tata letak kota yang masih sangat semrawut atau tidak teratur dan semakin parahnya ditambah dengan masalah sampah yang tidak terurus disetiap penjuru kota. Sampah-sampah tersebut bisa ditemukan disetiap aliran sungai yang mengalir, sehingga aliran sungai tidak bisa lancar.

Sumber masalah sampah sebenarnya tidak hanya dari limbah rumah tangga saja, tapi dari limbah pabrik pun juga ikut serta menimbun sungai tanpai mengolahnya terlebih dahulu.

Sampah yang menimbun dialiran sungai lama-kelamaan akan membusuk dan akan menjadi sarang penyakit, sehingga masyarakat lebih mudah terserang penyakit.

Pemerintah belum bisa memberikan jaminan secara penuh terhadap masyarakatnya. Seperti contoh jaminan kesehatan, jaminan masa tua, jaminan kecelakaan, dan jaminan untuk masyarakat yang cacat.

Selain itu juga masalah yang sering ditemukan dikota negara berkembang adalah tingkat kendaraan pribadi yang tidak terkendali sehingga menimbulkan kemacetan dan polusi udara. Setiap masyarakat berlomba-lomba membeli kendaraan sendiri alasanya agar mudah ketika mau pergi kemana-mana. Padahal hal tersebut malah lebih memperburuk keadaan kota.

Tapi sebenarnya pemerintah dinegara berkembang juga belum bisa memberikan transportasi umum secara maksimal. Sehingga masyarakat lebih memilih kendaraan pribadi untuk kegiatan sehari-hari.

Pengertian Negara Berkembang Menurut Para Ahli

ciri-ciri negara berkembang
fineartamerica.com

Banyak para ahli mendefisinikan tentang pengertian negara berkembang. Mereka menmpunyai pemahaman sendiri bagaimana tentang negara tersebut bisa dikatakana negara yang berkembang.

Menurut Maluyu S.P. Hasibuan

Negara berkembang merupakan suatu negara yang mempunyai struktur ekonomi yang belum teratur dan belum sesuai harapan. Negara berkembang masih belum bisa memanfaatkan secara maksimalkan dari faktor produksi yang dimilikinya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya sehingga masih terpuruk dalam kemiskinan.

Menurut Ragnar Nurkse

Negara berkembang adalah suatu negara yang masih dalam tahap pembangunan. Negara berkembang cenderung memiliki pembangunan yang agak lambat, karena negara tersebut hanya memiliki sedikit modal dibandingkan dengan jumlah penduduknya  dan sumber daya yang sangat banyak. Berbeda dengan negara yang lebih maju yang cenderung memilki modal yang banyak dan sumber daya manusia yang tinggi.

Menurut Harvey Leibenstein

Negara berkembang merupakan negara yang mempunyai tingkat perekonomian, penduduk, pendapatan perkapita, angka kelahiran, angka kematian, teknologi dan informasi masih berubah berubah atau cenderung tidak stabil. Faktor-faktor tersebut masih belum bisa dikendalikan itulah sebabnya negara tersebut masih disebut negara berkembang.

Menurut Simon Kuznets

Negara berkembang adalah suatu negara yang masih belum mampu menyediakan jaminan-jaminan terhadap masyarakatnya secara maksimal. Negara berkembang belum bisa memberikan kehidupan yang layak terhadap masyarakatnya sehingga masih dalam kehidupan yang miskin.

Menurut Todaro

Negara berkembang adalah negara yang masih ketergantungan dengan negara yang lebih maju. Yang dimaksud ketergantungan adalah masih membutuhkan suplai teknologi dan tenaga-tenaga ahli dari negara maju. Tingkat pengangguran yang sangat tinggi sehingga dapat menimbulkan dampak yang negatif. Seperti contoh kriminalitas yang semakin merajalela. Masih menggantungkan kehidupan dari sektor pertanian dan dari sektor industri pun sangat tertinggal cukup jauh dari negara maju. Karena negara berkembang masih belum bisa mengembangkan sektor industri secara maksimal.

Menurut G.M. Meiir dan R.E Baidwin

Dari buku dikarangnya Economic Development Theory History and Policy, dia menulis bahwa negara berkembang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Masih belum bisa memanfaatkan sumber daya alamnya sendiri secara maksimal dan membutuhkan bantuan dari negara maju untuk mengolahnya secara maksimal. Sebab sumber daya mausia yang minim dan penguasaan teknologi yang kurang.
  2. Kehidupan penduduknya sebagian besar dibawah garis kemiskinan dan sangat terbelakang
  3. Sering hutang ke luar negeri guna menutupi kekurangan modal pada tahap pembangunan.
  4. Negara berkembang rata-rata menjadi produsen bahan-bahan mentah. Contoh kayu, getah karet, dan hasil perkebunan yang lainnya.
  5. Masalah pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi dan sangat sulit untuk dikontrol. Sehingga pemerintah tidak bisa memberikan jaminan secara penuh. Akbitanya banyak orang yang hidup terlantar.

Ciri-ciri Negara Berkembang

ciri-ciri negara berkembanng
www.pexels.com

Negara berkembang memiliki ciri-ciri tertentu yang dapat kita lihat dari kehidupan masyarakatnya. Sehingga kita dapat mendefinisikan bahwa negara tersebut berkembang atau tidak. Ciri-cirinya dapat dilihat sebagai berikut :

Keadaan Ekonomi

Negera berkembang memiliki keadaan ekonomi yang sangat terpuruk dan memiliki pendapatan perkapita yang sangat rendah. Negara berkembang memang identik dengan kemiskinan salah satu faktor bisa dikatakan sebagai negara miskin adalah jika dibandingkan dengan negara maju itu sangat jauh sekali pendapatannya.

Standar hidup yang dimiliki juga rendah bisa dilihat dari pendapatannya yang hanya cukup untuk dibelanjakan kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan pokok. Hampir tidak ada lagi pendapat sekedar untuk kehidupan yang mewah. Di negara berkembang sering ditemukan penduduknya kekurangan gizi atau mengalami gizi buruk, dikarenakan jaminan kesehatan yang kurang.

Dinegara miskin masih banyak anak-anak yang terlantar, pakaian yang dipaka sudah tidak layak untuk dipakai, kondisi rumah yang sudah tidak layak huni.

Masih Tergantung pada Sektor Primer

Penduduk dinegara berkembang masih sangat menggantungkan hasil dari pertanian, hampir 75% penduduknya berprofesi sebagai petani. Dinegara berkembang profesi sebagai petani adalah profesi yang sudah umum atau pokok.

Negara berkembang rata-rata hanya mengkhususkan memproduksi bahan-bahan mentah, seperti contoh kelapa sawit, teh, getah karet dan masih banyak yang lainnya. Alasanya mereka belum bisa mengolah lebih lanjut menjadi bahan produksi.

Sumber Daya Alam Kurang Terolah

Banyak sekali sumber daya alam diperoleh dari negara berkembang tapi masih belum bisa memanfaatkan secara sempurna. Dikarena teknologi yang tidak memadai sehingga belum mampu mengolahnya dengan maksimal.

Sehingga negara berkembang lebih banyak import dari pada jumlah eksport.

Kesempatan Kerja Terbatas

Negara berkembang masih mengandalkan sektor pertanian dan perkebunan dari sektor tersebut tentunya tidak membutuhkan tenaga kerja yang sangat banyak. Sektor pertanian hanya dapat memberikan lapangan pekerjaan yang sangat terbatas. Akibat dari kesempatan kerja yang terbatas yaitu tingkat angka pengangguran semakin banyak.

Penduduk juga belum mampu untuk membangun usaha sendiri dikarenakan tingkat pendidikan, modal yang kurang dan tentunya belum mempunyai pengalaman.

Tergantung pada Perdagangan Luar Negeri

Tergantung dari barang-barang ekspor luar negeri seperti teknologi, tranportasi, dan mesin-mesin industri. Ketergantungan ini akan menyebabkan perekonomian dalam negeri menjadi tidak stabil terhadap harga internasional.

Pertumbuhan Penduduk yang Sangat Cepat

Ciri-ciri yang paling mencolok yang dimiliki negara berkembang adalah tingkat pertumbuhan penduduk yang sangat tidak terkendali. Beberapa faktor yag mempengaruhi pertumbuhan yang tidak terkendali adalah tingkat pengetahuan yang kurang dan masih menganut tradisi yang dimilikinya. Hal tersebut tentunya membuat pertumbuhan punduduk yang sangat cepat.

Tingkat pertumbuhan yang cepat namun tingkat sumber daya manusia yang rendah dapat menimbulkan beberapa masalah dinegara tersebut. Dampak negatitif yang akan dialami yaitu tingkat pengangguran semakin banyak dan kemiskinan semakin bertambah.

Angka Kelahiran Tinggi

Tingkat kelahiran semakin berkembang akan memberikan dampak negatif terhadap negara. Angka kelahiran yang tinggi justru dialami para kalangan muda yang kurang mengenyam bangku pendidikan, sehingga banyak kalangan muda-mudi yang terperosok dalam pergaulan bebas.

Komposisi tersebut akan merusak perekonomian negara karena sebagian besar jumlah keluarga yang tidak produktif.

Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi

Kepadatan penduduk yang sangat membludak khususnya terjadi didaerah perkotaan. Hal ini bisa terjadi dikarenakan di daerah pedesaan sudah tidak mampu memberikan lapangan pekerjaan disektor pertanian. Sehingga sebagian besar penduduknya lebih memilih untuk pindah ke kota-kota besar untuk mengadu nasib demi mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Tapi tidak jarang juga malah tidak mendapatkan pekerjaan dikarenakan kalah saing selain itu lahan pekerjaan yang kurang. Akibatnya semakin tinggi tingkat pengangguran dan orang terlantar di daerah kota.

Hal tersebut malah akan menambah masalah yang berkaitan dengan tata letak kota.

Tingkat Pengangguran Tinggi

Negara berkembang mempunyai jumlah pengangguran semakin hari semakin tidak terkendali. Hal ini terjadi dikarenakan seiringnya pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat.

Ketidak mampuan penduduk untuk membuka lapangan pekerjaan, sehingga lapangan perkerjaan terbatas.

Jaminan Kesehatan Rendah

Pendapatan di negara berkembang sangat mempengaruhi faktor kesehatan. Apabila pendatan penduduk hanya sedikit maka biaya yang dikeluarkan untuk kesehatan pun juga tidak banyak.

Hal ini akan berdampak pada masalah gizi, makanan yang dikonsumsi kurang sehat, dan langkanya imunisasi.

Selain itu kurangnya fasilitas kesehatan, kurangnya tenaga medis yang ahli. Belum lagi masalah peralatan kedokteran yang semakin menambah masalah kesehatan dinegara berkembang.

Tingkat Pendidikan Rendah

Negara berkembang memang mempunyai taraf pendidikan yang masih sangat rendah. Faktor yang mempengaruhinya adalah kurangnya tenaga pengajar, fasilitas pendidikan yang kurang. Belum lagi tenaga pengajar belum bisa menyebar didaerah pelosok negara berkembang.

Faktor-faktor tersebut belum bisa diselesaikan dikarena modal disuatu negara berkembang yang masih kurang.

Ditambah biaya pendidikan yang masih terbilang mahal, sehingga tidak semua orang bisa melanjutkan pendidikan ketingkat yang lebih tinggi. Oleh karena itu banyak penduduk yang memiliki tingkat pendidikan rendah bahkan ada yang tidah pernah mengenyam pendidikan. Sehingga masih banyak penduduk yang buta huruf di negara berkembang.

Teknologi yang Masih Terbelakang

Perkembangan teknologi yang cukup tertinggal oleh negara maju. Negara berkembang masih belum bisa mengembangkan teknologi yang dimilikinya bahkan belum mampu untuk mengimbangi negara yang lebih maju diatasnya.

Hal ini disebabkan dana yang tersedia masih kurang dan kualitas sumber daya manusia yang masih rendah sehingga tidak mampu untuk memaksimalkan perkembangan teknologi.

Keadaan Sosial dan Budaya

Keadaan sosial dan budaya memang sangat berpengarung terhadap perkembangan suatu negara. Seperti latar belakang sejarah, kondisi politik dan sikap sosial. Hal yang paling mempegaruhi terhadap perkembangan suatu negara adalah kondisi politik yang kurang menunjang untuk perubahan dan pembangunan lebh maju.

Masyarakatnya masih menjaga semua tradisi leluhur dan masih menjalankan tradisi berdasarkan kepercayaannya. Kehidupan yang masih primitif  itulah yang  sulit diajak untuk berpikir lebih maju.

Masyarakatnya masih belum bisa menerima perbedaan antara kasta, ras, suku bangsa, agama, dan budaya. Kebiasaan inilah yang akan menghalangi atau menghambat pergerakan untuk maju.

Sektor pertanian masih terikat dengan tradisi dan adat budaya, sehingga timbul rasa takut untuk mencoba hal-hal baru .

Pendapatan Perkapita Rendah

Pendapatan perkapita merupakan jumlah rata-rata pendapatan yang dimiliki negara. Pendapat perkapita dapat kita ketahuai dari pendapatan suatu negara dibagi dengan jumlah penduduk. Pendapat yang dimiliki negara berkembang yang tergolong masih rendah hampir tidak ada separuhnya dari pendapatan di negara maju.

Tingkat korupsi yang masih tinggi

Praktik korupsi memang masih sering terjadi di negara berkembang. Hal ini menyebabkan suatu negara sulit untuk maju. Karena pendapat negara yang seharusnya masuk ke kas negara malah masuk kekantong penjabat yang tidak bertanggung jawab. Praktik ini memang dilakukan secara terselubung sehingga suatu negara sangat sulit untuk memberantasnya secara keseluruhan.

Contoh Negara Berkembang Didunia

Negara Berkembang Kawasan Benua Asia

  1. Indonesia
  2. Malaysia
  3. Thailand
  4. Myanmar
  5. Filiphina
  6. Yaman
  7. Irak
  8. Afganistan
  9. Brunei Darussalam
  10. Timor Leste
  11. Srilanka
  12. Baca selengkapnya

Negara Berkembang Kawasan Benua Amerika

  1. Brazil
  2. Argentina
  3. Jamaika
  4. Meksiko
  5. Republic Dominika
  6. Venezuela
  7. Kosta Rika
  8. Baca selengkapnya

Negara Berkembang Kawasan Benua Afrika

  1. Nigeria
  2. Kenya
  3. Gambia
  4. Ghana
  5. Liberia
  6. Angola

Negara Berkembang Kawasan Benua Eropa

  1. Kroasia
  2. Ukraina
  3. Polandia
  4. Rumania
  5. Serbia
  6. Georgia
  7. Belarusia
  8. Bulgaria
  9. Makedonia
  10. Moldova
  11. Baca selengkapnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *