ciri-ciri negara berkembang

Ciri-ciri Negara Maju dan Contoh Lengkap Negara Maju Didunia

Ciri-ciri negara maju – Sebenarnya apakah itu negara maju, jika kalian semua belum megetahui tentang nagara maju. Selaian saya akan menyebutkan ciri-ciri negara maju disini saya akan menjelaskan secara tuntas tentang negara maju beserta contoh negara maju yang ada di dunia.

Memang setiap negara yang ada didunia tentunya mempunyai karakteristik yang berbeda, perbedaan itulah yang membuat pembagian kelompok. Negara-negara yang ada didunia digolongkan menjadi dua kelompok yaitu negra maju dan negara berkembang.

Dalam bahasa internasional dikatakan sebagai developed country dan developing country.

Developed contry sendiri mempunyai arti yaitu negara yang sudah dalam tahap berkembang atau bisa dikatakan juga sebagai negara maju. Sedangkan developing country yaitu negara yang masih dalam tahap berkembang atau sedang dalam berkembang.

Awal mula pengelompokan dan adanya istilah negara maju dan negara berkembang yaitu dari jaman penjajahan. Negara-negara bagian barat khususnya Eropa beranggapan bahwa negara-negara bekas penjajahannya akan dikelompokkkan dalam negara berkembang. Sedangkan negara penjajah akan menjadi negara maju.

Sebenarnya bukan itu yang menjadi tolak ukur bahwa sebuah negara dikatakan negara maju atau negara berkembang. Yang menjadi tolak ukur utama sebenarnya ialah tingkat keberhasilan pembanguanan suatu negara, jumlah penduduk, dan tentunya pendapatan perkapita.

Tapi memang benar negara-negara penjajah rata-rata sekarang tergolong dalam negara maju. Faktor yang membuat negara-negara barat dapat melakuakan penjajahan yaitu karena dia mempunyai tingkat pengetahuan yang tinggi dan kemampuan mengembangkan teknologi. Sehingga negara penjajah dapat memanfaatkan sumber daya alam yang terdapat di negara berkembang.

Pada era sekarang tentunya penegelompokan negara bukan lagi ditentukan oleh negara penjajah. Tapi semuanya itu sudah diatur oleh UNDP (United Nations Development Program). Lembaga ini merupakan lembaga pembanguan yang terdapat dibawah PBB. Tentunya lembaga ini yang bertugas sebagai pengelompok negara maju dan negara berkembang.

Dalam mengelompokkan negara maju dan negara berkembang UNPD tidak menggunakan faktor ekonomi yang menjadi tolak ukur bahwa negara tersebut dikatakan negara maju atau negara berkembang. Tetapi UNPD menggunakan faktor nonekonomi yaitu meliputi tingkat kelahiran, tingkat kematian, tingkat kematian bayi, tingkat harapan hidup dan tingkat pendidikan.

Tidak hanya UNPD saja yang mengelompokkan negara-negara yang terdapat didunia. Bank Dunia pun juga ikut serta dalam pengelompokkan negara maju dan negara berkembang. Tetapi dalam hal ini Bank Dunia mempunyai cara tersendiri dalam pengelompokkan negara.

Yang menjadi acuan dalam pengelompokkan negara maju atau negara berkembang, Bank Dunia menggunakan faktor ekonomi. Pengelompokkan dengan menggunakan faktor ekonomi yaitu meliputi pendatan perkapita dan pendapatan negara. Tetapi yang sering digunakan yaitu pendapatan perkapita. Dalam hal ini Bank Dunia membagi empat macam negara dalam pendapat perkapita yaitu sebagai berikut.

  1. Negara yang memiliki pendapatan rendah yaitu negara dengan pendapatan pendapatan perkapita kurang dari US$ 675.
  2. Negara yang memiliki pendapatan menengah bawah yaitu negara dengan pendapatan perkapita diantara US$ 675-2.695.
  3. Negara yang memiliki pendapatan menengah keatas yaitu negara dengan pendapatan perkapita diantara US$ 2.696-8.335.
  4. Negara yang memiliki pendapatan tinggi yaitu negara dengan pendapatan perkapita lebih dari US$ 8.336.

Jadi hal ini dapat juga dijadikan acuan sebagai pengelompokkan suatu negara. Negara berkembang yaitu negara yang memiliki pendapatan perkapita dibawah US$ 2.695 dan negara maju memiliki pendapatan perkapita diatas US$ 2.696.

Disini saya akan menjelaskan secara detail tentang negara maju. Jika kalian juga ingin mengetahui tentang negara berkembang secara detail baca juga tentang ciri-ciri negara berkembang.

Pengertian Negara Maju

negara maju
pixabay.com

Negara maju adalah suatu negara yang memiliki kualitas kehidupan yang baik dan Pendapatan Nasional Bruto (PNB) tersebut relatife tinggi.

Apakah itu Pendapatan Nasional Bruto (PNB) ?

Jadi Pendapatan Nasional Bruto yaitu jumlah total pendapatan yang berasal warga negara domestik dan warga negara asing yang tinggal di suatu negara.

Selain Pendapatan Nasional Bruto yang relatife tinggi, pendapatan perkapitanya pun rata-rata cukup. Hal tesebutlah yang mempengaruhi tingkat kualitas hidup yang baik.

Pertumbuhan penduduknya pun juga cukup terkendali, persentase perkembangan penduduk di negara maju hanya 0,4% per tahunnya dan tingkat angka kematian bayi pun cukup rendah. Semua itu bisa terjadi karena tenaga ahli yang cukup mumpuni dan majunya dalam bidang kedokteran.

Tentunya tidak hanya maju dalam bidang kedokteran saja, tetapi maju dalam segala aspek. Yang paling menonjol yaitu tetap dari kemajuan teknologinya. Dalam hal ini negara maju terus mengembangkan kreasi dan inofasinya guna untuk bersaing dipasar dunia. Perkembangan teknologi yang cukup tinggi dipengaruhi oleh tingkat Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup tinggi. Maka dari itu negara maju bisa terus berinofasi.

Sumber Daya Manusia yang tinggi membuat negara maju tidak pernah mencatat seseorang pengangguran. Hal ini karena pemerintah selalu menyediakan lapangan pekerjaan jenis apapun itu kepada satiap warga negara. Selain itu seseorang yang tidak bisa melakukan perkerjaan karena dalam kondisi keterbatasannya, pemerintah akan tetap memberikan gaji atau biaya hidup dari negara.

Lantas bagaimana bisa terjadi negara tersebut maju ?

Mungkin sebagian dari kalian akan menanyakan seperti itu.

Jadi suatu negara bisa maju yaitu dikarenakan hampir dari 50%  hasil Pendapatan Nasional Bruto diperuntukan untuk masyarakatnya kembali. Seperti contoh untuk memajukan dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan masih banyak lagi pelayanan yang peruntukan masyarakat.

Semisal dalam bidang pendidikan yaitu untuk pembangunan sekolahan, perpustakaan, dan jaminan pendidikan untuk setiap warga negara. Bidang kesehatan yaitu untuk memberikan jaminan kesehatan kepada setiap warga negara dan pembangunan rumah sakit. Bidang pelayanan sosial yaitu untuk pembangunan prasarana umum sehingga masyarakat tetap nyaman dimana pun dia berada.

Ciri-ciri Negara Maju

ciri-ciri negara maju
pexels.com

Negara dapat dikatakan maju dikarenakan negara tersebut memiliki beberapa kelebihan khusus. Kelebihan tersebutlah yang menjadi ciri-ciri utama bahwa negara tersebut dikatakan negara maju. Nah, berikut pembahasan tentang ciri-ciri yang dimiliki oleh negara-negara maju yang ada didunia.

Pendapatan Perkapita Tinggi

Pendapatan Perkapita merupakan ciri-ciri yang sangat mudah untuk mengkantegorikan bahwa negara tersebut maju atau berkembang. Pendapatan perkpita sendiri yaitu pendapatan rata-rata penduduk disuatu negara.

Sebuah negara dapat dikatakan negara maju harus mempunyai pendapatkan perkapita minimal $11.000. Jadi apabila Indonesia ingin digolongkan dalam negara maju, setidaknya Indonesia harus mempunyai pendapatan perkapita Rp. 12 juta perbulan.

Hasil industri, jasa, dan hasil ekspor memang sangat membantu dalam pendapatan perkapita yang tinggi. Maka dari itu negara-negara maju yang ada didunia memiliki banyak industri, dan hasil industri tersebut diekspor keluar negeri.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Maksimal

Setiap negara sebenarnya mempunyai sumber daya alam masing-masing. Seperti contoh negara kita sendiri yang sangat kaya akan sumber daya alam melimpah. Tetapi sumber daya alam bukanlah jaminan majunya suatu negara. Malah kebanyakan negara maju tidak memiliki sumber daya yang melimpah.

Walaupun rata-rata negara maju tidak memiliki banyak sumber daya alam tetapi mereka dapat mengolah dengan baik. Sehingga bahan yang hanya sedikit yang tersedia dijadikan barang atau makanan unggulan dinegara tersebut.

Contoh saja kita dapat melihat negara tetangga Singapura, Singapura merupakan negara terkecil dikawasan Asia Tenggara dan luasnya wilayahnya hampir sama dengan Ibukota Jakarta.Tetapi Singapura mampu menjadi negara satu-satunya dikawasan Asia Tenggara.

Singapura mampu memproduksi dan mengekspor bahan-bahan seperti kimia, obat-obatan, makanan dan minuman, meskipun mempunyai sedikit sumber daya alam.

Teknologi dan Ilmu pengetahuan yang Maju

Ilmu pengetahuan yang maju merupakan dasar untuk menghasilkan kreasi dan inovasi baru dalam dunia teknologi. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berpengaruh pada tingkat perekonomian suatu negara maju. Maka dari negara maju sering juga diidentikan sebagai negara yang memiliki teknologi super canggih.

Seperti contoh kita dapat melihat negara-negara yang terdapat di benua Eropa dan Amerika, mereka mempunyai terobosan baru seputar teknologi. Terobosan baru dalam seputaran dunia teknologi sendiri yaitu bermanfaat sebagai mempermudah kegiatan manusia dalam kesehariannya.

Kualitas Pendidikan yang Baik

Sistem pendidikan di negara maju memang mempunyai kualitas yang sangat bagus, karena pendidikan di negara maju sangat  dinomor satukan. Sistem pendidikan yang digunakan yaitu dengan cara langsung mengarah para siswa sesuai dengan bakat dan minatnya sejak dari pendidikan dasar. Sehingga kelak akan menghasilkan tenaga kerja yang terampil dan ahli sesuai dengan bidangnya.

Selain itu para tenaga pengajar sangatlah dihargai dan dihormati dan mendapatkan gaji yang tinggi. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap kegiatan belajar dan mengajar setiap hari dan meningkatkan kinerja para tenaga pengajar.

Angka Pengangguran yang Rendah

Penduduknya yang terdapat dinegara maju rata-rata mempunyai skill yang baik, sehingga sangat dibutuhkan oleh industri sebagai tenaga kerja. Hal ini membuat tingkat pengangguran yang terdapat dinegara maju sangatlah minim.

Skill yang sangat mumpuni tentunya didukung oleh tingkat pendidikan yang baik, maka dari itu pendidikan di negara maju sangatlah dinomer satukan guna menghasilkan lulusan yang siap untuk bekerja.

Perekonomiannya Didukung dari Sektor Industri dan Jasa

Negara-negara maju yang ada didunia lebih mengandalkan dari sektor perindustrian. Karena mereka mampu meciptakan alat canggih sebagai alat produksi dan dapat mempermudah dalam proses produksi. Mereka memproduksi kebetuhannya sendiri dan mengimpor ke negara-negara didunia.

Teknologi-teknologi maju sekarang yang kita gunakan rata-rata diproduksi oleh negara-negara maju. Contoh gadget yang sekarang kita kenakan kebanyakan dari negara-negara maju, seperti Jepang dan Amerika.

Angka Kelahiran yang Rendah

Salah satu ciri-ciri yang dimiliki negara maju yaitu memiliki angka kelahiran yang rendah. Sangking rendahnya sekarang negara-negara maju didunia malah mengalami kritis, karena memiliki tingkat kelahiran mendekati nol. Hal ini bisa terjadi karena para penduduknya lebih memikirkan karirnya dibandingkan pernikahan.

Selain itu para penduduknya yang sudah menikah lebih memilih hanya mempunyai satu anak saja. Sebenarnya hal ini malah akan menyebabkan masalah yaitu kurangnya tenaga kerja untuk menggerakan roda perekonian suatu negara.

Maka dari itu pemerintah dinegara maju mulai turun tangan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan cara mendorong penduduknya agar segera berkeluarga. Seperti contoh negara Jerman yang mewajibkan penduduknya untuk menikah apabila sudah mempunyai gaji yang sudah ditentukan di negara tersebut.

Cara ini memang sangat efektif untuk mengatasi masalah tersebut dan agar para penduduk usia muda tertarik pada pernikahaan. Tujuan yang utama tentunya agar menghasilkan keturunan untuk meneruskan roda perekonomian suatu negara.

Angka Harapan Hidup yang Tinggi

Tingginya angka harapan hidup di negara maju karena disebabkan oleh tingginya tingkat kesadaran penduduk akan pentingnya kesehatan.  Maka dari itu negara maju mempunyai populasi penduduk rata-rata lansia. Tentunya semua itu didukung dengan beberapa faktor seperti.

  1. Jenis kelamin
  2. Lingkungan
  3. Sosial ekonomi
  4. Ras
  5. Riwayat kesehatan
  6. Demografi

Faktor-faktor  diatas lah yang sangat berpengaruh tingkat tingginya harapan hidup dinegara maju didunia. Selain itu juga didukung dengan tenaga medis yang ahli.

Memegang Teguh Budaya Disiplin dan Tepat Waktu

Para pekerja dinegara memang sangatlah menghargai waktu, karena menurut mereka waktu adalah sama berharganya dengan uang. Pada saat bepergian pun mereka lebih memilih transportasi umum karena menurut mereka lebih efisien.

Hal ini juga dapat memperendah tingkat kemacetan, maka dari itu dapat kita lihat negara-negara maju yang ada didunia hampir tidak ada masalah kemacetan dijalan. Selain itu jumlah kendaraan yang dimiliki masing-masing penduduk juga sudah diatur oleh pemerintah.

Budaya disiplin sebenarnya bukanlah budaya turun-temurun tetapi berasal dari kesadaran masing-masing orang terhadap waktu.

Angka Kriminalitas yang Rendah

Rata-rata penduduk yang terdapat dinegara maju memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi. Maka dari itu tingkat kriminalitasnya pun rendah, karena semua penduduknya berkecukupan dan makmur.

Selain itu tingkat pekerja yang tinggi dan tingkat pengangguran hampir tidak ada, karena pemerintah sudah menjamin kepada setiap para penduduknya untuk mendapatkan pekerjaan. Dan untuk orang-orang yang mempunyai berkebutuhan khusus atau cacat fisik mendapatkan tunjangan dari negara.

Jaminan kehidupan yang layak lah terhadap penduduk membuat angka kriminalitas yang rendah.

Contoh Negara Maju Didunia

gambar globe
pexels.com

Negara Maju Kawasan Benua Asia

  1. Jepang
  2. Singapura [Baca selengkapnya]

Negara Maju Kawasan Benua Amerika

  1. Amerika Serikat
  2. Kanada [Baca selengkapnya]

Negara Maju Kawasan Benua Eropa

  1. Italia
  2. Belgia
  3. Spanyol
  4. Jerman
  5. Belgia [Baca selengkapnya]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *