fungsi musik tradisional

9+ Fungsi Musik Tradisional Lengkap dengan Penjelasannya

Musik tradisonal merupakan sebuah musik yang lahir dan berkembang ditengah-tengah masyarakat daerah. Dari segi perkembangannya musik tradisional biasanya diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke genarasi berikutnya. Hal ini dilakukan agar musik yang ada didaerah tersebut tidak hilang begitu saja atau punah. 

Fungsi Musik Tradisional

alat musik tradisional
pixabay.com

Musik tradisional memang sangat erat dalam kehidupan masyarakat daerah, dan sangat berperan penting dalam kehidupanya. Maka dari itu musik tradisional difungsikan untuk kegiatan sehari-hari dalam masyarakat daerah. Adapun fungsi musik tradisional yang umum digunakan dalam masyarakat daerah sebagai berikut.

Sebagai Sarana Komunikasi

Musik tradisional mempunyai fungsi sebagai media komunikasi. Didalam seni musik tradisional itu sendiri mengandung makna pesan moral yaing baik untuk disampaikan kapada pendengar. Tidak hanya untuk media komunikasi antar sesorang saja. Tetapi kepada Tuhan juga, tergantung musik tradisional dibawakan dengan cara apa.

Seperti contoh musik tradisional digunakan untuk upacara adat atau sholawat, masyarakat daerah berdoa meminta kebaikan kepada Tuhan dan menggunakan iring-iringan musik tradisional.

Sebenarnya tidak hanya musik tradisional saja yang digunakan sebagai media komunikasi, tetapi beberapa musik lainnya juga dapat digunakan sebagai sarana komunikasi seperti musik modern, musik klasik dan musik ansambel. Pada dasar semua musik itu mengandung makna yang baik dan akan disampaikan oleh seseorang pencipta kepada semua pendengar.

Sebagai Sarana Ekonomi

Musik tradisional tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi saja, tetapi musik tradisional juga dapat digunakan sebagai mata pencaharian. Apalagi kita hidup dijaman sekarang dan tidak ada yang gratis. Maka dari itu seseorang pelaku seni musik tradisional memanfaat sebagai ladang mata pencaharian.

Sudah banyak sekarang para pelaku seni tradisional yang membuka lembaga pembelajaran. Lembaga pembelajaran ini ditujukan kepada generasi muda sekarang yang tertarik kepada musik-musik tradisional.

Kegiatan ini merupakan hal yang sangat positif untuk dilakukan, karena disamping untuk mencari nafkah secara tidak langsung para pelaku seni musik tradisional juga menyebarkan kepada generasi muda agar generasi muda tetap tahu tentang seni musik tradisional. Dan agar tetap eksis dikalangan masyarakat daerah.

Sebagai Sarana Hiburan

Pada umumnya seni musik itu memang berfungsi sebagai sarana hiburan, sama halnya dengan seni musik tradisional yang juga difungsikan sebagai sarana hiburan. Sejak jaman kerajaan pun seni musik juga sudah digunakan sebagai sarana hiburan.

Memang seni musik itu sendiri bersifat menenang ketika didengarkan.

Karena seni musik mempunyai irama-irama yang dapat menenangkan hati dan pikiran. Seni musik sangat cocok didengar pada saat bersantai-santai atau sekedar beristirahat sejenak, karena musik dapat mengusir kejenuhan akibat kegiatan keseharian yang sangat padat.

Sebagai Sarana Pengembangan Diri

Seni musik tradisional juga dapat menambah keterampilan kepada seseorang yang mau mempelajarinya, terampil dalam segi hal musik tradisional tentunya. Dapat menambah keterampilan dalam bermain segala alat musik ritmis tradisional, alat musik melodis tradisional dan alat musik harmonis tradisional.

Dapat menambahkan wawasan dalam dunia musik tradisional.

Selain itu para pelaku seni musik tradisional rata-rata memiliki karakter yang sangat kental terhadap budaya daerahnya.

Maka dari itu kita juga harus ikut ambil bagian mempelajari seni musik tradisional didaerah kita masing-masing, agar musik tradisional tidak hilang dimakan oleh jaman.

Sebagai Sarana Upacara Adat

Selain berfungsi sebagai sarana hiburan seni musik tradisional juga dapat digunakan sebagai sarana upacara adat. Upacara adat yang pada umumnya menggunakan iringan seni musik tradisional yaitu upacara pernikahan, upacara keagamaan dan upacara kenegaraan atau suku.

Disuku-suku pedalaman sebagian juga masih percaya apabila upacara keagamaan menggunakan iring-iringan musik tradisional dapat membentuk kekhusukan dalam melakukan ritual atau upacara adat. Selain itu mereka juga beranggapan bahwa iringan irama musik tradisional dapat menambah kekuatan magis, maka dari itu suku-suku dipedalam masih umum melakukan hal-hal tersebut.

Sebagai Sarana Sosial

Peranannya dalam kehidupan masyarakat musik tradisional juga dapat digunakan sebagai sarana bersosialiasi. Karena musik sendiri yang berisifat universal atau umum, jadi masyarakat juga akan lebih mudah bersosialisasi menggunkan musik tradisional

Sebagai Sarana Penghormatan

Dalam peranannya musik tradisional juga sangat umum digunakan untuk sarana penghormatan. Sebagai sarana penghormatan, biasanya seni musik tradisional dimainkan untuk penghormatan terhadap pemimpin atau raja, tamu-tamu kenegaraan atau kerajaan maupun untuk orang-orang yang sudah meninggal.

Seni musk tradisional memang sudah umum digunakan untuk mengiringi tamu-tamu undangan kenegaraan atau untuk para pemimpin. Namun kalau untuk upacara kematian diiringi musik tradisional mungkin agak asing. Tetapi hal ini sangat umum dilakukan disebagian suku-suku pedalam, karena menurut mereka iring-iringan irama musik tradisional adalah salah satu bentuk penghormatan terhadap orang yang sudah meninggal. Musik akan terus dimainkan selama proses upacara pemakaman selesai.

Sebagai Sarana Perang

Musik tradisional juga sangat berperan penting dalam medan peperangan. Musik tradisional sendiri dalam sarana peperangan berfungsi sebagai pemicu semangat kepada semua prajurit perang. Karena irama musik yang bersumber dari alat musik pukul tersebut, menimbulkan suara yang sangat keras dan tegas dapat menimbulkan semangat dan kekompakan kepada prajurit dimedan perang.

Selain itu dentuman musik tradisional yang bersuara sangat keras dan tegas ditambah dengan kekompakan para prajurit dapat meruntuhkan nyali para prajurit lawan

Sebagai Sebagai Sarana Mengekspresikan Diri

Musik tradisional merupakan salah satu bentuk sarana untuk mengekspresikan diri yang tepat. Karena melalui seni musik dapat mengungkapkan perasaan diri kita, gagasan dan pikiran

Maka dari itu seni musik sangat diminati oleh orang-orang diseluruh dunia karena disamping sebagai sarana hiburan juga dapat bermanfaat sebagai sarana pengekspresian diri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *