negara berkembang di eropa

11+ Negara Berkembang di Eropa Beserta Profil Masing-masing Negara

Negara berkembang di Eropa – Benua Eropa atau sering disebut-sebut sebagai benua biru merupakan benua terpadat di dunia dengan jumlah negara mencapai lebih dari 50 negara. Benua Eropa sendiri dibagi menjadi lima kawasan yaitu Eropa Timur, Eropa Barat, Eropa Utara, Selatan dan Eropa Tengah.

Selain itu juga di benua Eropa terkenal dengan negara-negara majunya. Memang tidak bisa dipungkiri benua Eropa memegang peringkat pertama sebagai benua yang mempunyai negara maju terbanyak. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor seperti sebagian besar negara-negara di benua Eropa adalah negara penjelajah.

Menjelajahi disetiap wilayah dibelahan dunia yang bertujuan untuk memperluas wilayah dan mendapatkan sumber daya alam yang banyak.

Selain itu didukung juga dengan sumber daya manusia yang tinggi dan cukup banyak. Maka dari itu negara-negara maju yang terdapat dikawasan Eropa sangat berpengaruh besar dalam perekonomian dunia.

Tetapi saya tidak akan membahas tentang negara maju yang ada di Benua Eropa, saya akan membahaas negara berkembangnya. Bagi kalian yang masih bingung tentang pengertian negara berkembang baca selengkapnya tentang pengertian negara berkembang.

Negara Berkembang di Eropa

negara berkembang di eropa, map benua eropa
three.fm

Memang di benua Eropa terkenal dengan kemajuan teknologi dan tingkat sumber daya manusia yang tinggi. Tapi bukan berarti di benua Eropa tidak ada negara berkembangnya.

Disini saya akan membahas tentang beberapa negara berkembang di Eropa lengkap dengan penjelasannya. Berikut adalah profil negara berkembang di Eropa.

Polandia

bendera polandia, negara berkembang di eropa
blognulinux.com

Polandia merupakan negara yang menggunakan sistem pemerintahan republik parlementer. Negara ini terletak dikawasan Eropa bagian tengah dengan luas wilayah sebesar 312.685 km2.  Populasi penduduknya mencapai 38.476.269 jiwa, mayoritas penduduk yang mendiami negara tersebut adalah berasal dari etnis polish atau etnis asli polandia.

Dari segi perekonomian cukup stabil bahkan Polandia menduduki peringkat enam sebagai negara yang mempunyai ekonomi terbesar di Uni Eropa. Yang menjadi tulang punggung untuk perekonomian di Polandia yaitu berasal dari sektor industri. Dari sektor industri meliputi perkapalan, kaca, tekstil, pengolahan makan dan minuman.

Kroasia

bendera kroasia, negara berkembang di eropa
pixabay.com

Kroasia merupakan sebuah negara yang menganut sistem pemerintahan republik parlementer atau negara yang dipimpin oleh presiden yang langsung dipilih oleh rakyat. Kroasia terletak dikawasan benua Eropa bagian tengah dengan luas wilayah sebesar 56.594 km2.

Jumlah penduduknya sendiri mencapai 4.292.095 jiwa, mayoritas penduduknya berasal dari etnis Kroasia dan Serbia.

Perekonomian negara ini lebih mengandalkan dari sektor pariwisata dan industri. Beberapa industri yang sangat berperan penting untuk perekonomian Kroasia seperti industri elektronik, industri plastik, industri kertas, industri bahan konstruksi dan tekstil.

Dari kedua sektor tersebutlah yang mampu menstabilkan perekonomian di Kroasia. Namun negara ini masih menjadi negara berkembang di Eropa dengan pendapatan perkapita $13.820 dan persentase pertumbuhan ekonomi hanya sekitar 2,5 %

Rumania

bendera rumania, negara berkembang di eropa
romana.pokersemdeposito.com

Rumania merupakan negara yang menggunakan sistem pemerintahan republik demokratis. Negara ini terletak dikawasan Eropa bagian tengah dengan luas wilayah sebesar 238.397 km2.

Dan memiliki jumlah penduduk sekitar 19,71 jiwa. Hal tersebut menjadikan negara Rumania sebagai negara terluas ke 9 dan penduduk terbesar ke 7 dikawasan Uni Eropa.

Negara ini mempunyai tingkat perekonomian yang cukup stabil, karena mempunyai pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan tingkat pengangguran cukup rendah.

Meskipun tingkat perekonomian cukup stabil, namun masih menjadikan negara. Hal tersebut disebabkan karena pertumbuhan populasi penduduk yang kurang stabil sehingga negara ini masih tegolong negara berkembang di Eropa.

Baca juga tentang : negara berkembang di Benua Asia.

Ukraina

bendera ukraina, negara berkembang di eropa
ancreport.com

Ukraina merupakan sebuah negara dengan konsep pemerintahan republik semi presidensial. Ukraina terletak dikawasan Eropa bagian timur dan memiliki luas wilayah sebesar 603.550 km2 dengan jumlah penduduk 44.033.874 jiwa.  Sebagian besar penduduknya berasal dari suku bangsa Ukraina dan Rusia.

Dalam bidang perekonomian negara ini mendapatkan pendapat yang berasal dari sektor pertanian. Beberapa komuditas yang dihasilkan dari sektor pertanian seperti gula dan biji-bijian. Ukraina juga salah satu pengekspor biji-bijian terbesar didunia. Selain dari sektor pertanian negara ini juga mengandalkan dari sektor industri.

Negara ini masih tergolong negara berkembang di Eropa dengan pendapatan perkapita $2.583 dan persentase pertumbuhan ekonomi pada tahun 2018 hanya sekitar 3,2 %

Belarusia

bendera belarusia, negara berkembang di benua eropa
pixabay.com

Belarusia merupakan negara yang memiliki bentuk pemerintahan republik presidensial. Negara ini terletak di Eropa bagian timur dengan luas wilayah 207.595 km2.

Jumlah populasi penduduk mencapai 9.481.000 jiwa, mayoritas penduduk berasal dari orang Belarusia asli dan bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Perancis.

Perekonomian negara Belarusia lebih mengunggulkan dari sektor industri dan jasa.

Bulgaria

bendera bulgaria, negara berkembang di eropa
pixabay.com

Bulgaria merupakan negara yang menganut sitem pemerintahan republik parlementer. Secara geografis letak negara ini di benua Eropa bagian timur dengan luas wilayah 110.994 km2.

Populasi penduduk mencapai 7,128 juta jiwa, yang sebagian besar penduduknya berasal dari etnis Bulgaria dan Turki. Dan pendapat penduduknya menengah keatas.

Sektor yang paling diunggulkan dan paling kuat untuk perekonomian negara ini berasal dari sektor pertambngan, pertanian, dan pariwisata.

Bosnia Herzegovina

bendera Bosnia Herzegovina, negara berkembang di eropa
pixabay.com

Bosnia Herzegovina merepukan negara yang menerapkan sistem pemerintahan republik federasi. Luas negara Bosnia Herzegovina sebesar 51.197 km2 dengan jumlah penduduk yang tercatat 3,517 jiwa.

Sebagian penduduk yang mendiami negara ini adalah etnik Bosnia, Kroasia, dan Serbia. Negara ini mempunyai pendapatan menengah keatas dengan pendapatan perkapita mencapai $4.836.

Albania

bendera Albania, negara berkembang di eropa
pixabay.com

Albania adalah sebuah negara yang menganut sistem pemerintahan republik parlementer yang terletak disebelah timur Republik Makedonia, sebelah timur laut Serbia, sebelah selatan Yunani dan sebelah utara Montenegro. Dengan memiliki luas wilayah sebesar 28.748 km2 dan populasi penduduk mencapai 2,876 juta jiwa.

Sebagian besar penduduknya berasal dari etnis Yunani, Makedonia, dan Montenegro.

Albania merupakan negara berkembang di eropa dengan pendapatan perkapita $4.132. Dari segi perekonomiannya sendiri negara ini mengandalkan dari sektor jasa, pertanian, pertambangan dan pariwista. Mayoritas komuditas yang diekspor dari sektor tersebut meliputi minyak bumi dan pakaian.

Serbia

bendera serbia, negara berkembang di eropa
pixabay.com

Serbia merupakan negara yang menggunakan sistem pemerintahan republic parlemener. Luas wilayah negara ini 102.350 km2 dengan jumlah peduduk 7,057 juta jiwa.

Dari segi perekonomian negara ini mengandalkan sektor pertanian, otomotif, pertambangan dan industri. Dan beberapa komuditas utama yang di ekspor yaitu logam, karet, kendaraan bermotor, gandum, buah, sayur, dan elektronik.

Hongaria

bendera Hongaria, negara berkembang di eropa
pixabay.com

Hongaria mrupakan sebuah negara yang menggunakan sistem pemerintahan parlementer. Negara ini terletak dikawasan Eropa bagian tengah dan berbatasan langsung dengan negara Ukraina, Austria, Serbia, Kroasia, Romania, Slovakia dan Slovania.

Hongaria mempunyai luas wilayah sebesar 93.028 km2 dengan populasi penduduknya mencapai 9.850.845 jiwa dan mayoritas penduduknya berasal dari etnis Hongaria dan Romania.

Dari pendapatan sendiri Hongaria mengandalkan dari sektor pertambangan dan industri, sekaligus menjadi tulang punggung perekonomian negara. Beberapa produk dari sektor industri meliputi bahan-bahan bangunan, tekstil, pengolahan makanan, kendaraan bermotor dan bahan-bahan kimia.

Namun negara Hongaria masih tergolong negara berkembang di Eropa dengan pendapatan domestic $283,6 miliar dan pendapat perkapitanya sebesar $28.900.

Georgia

bendera georgia, negara berkembang di eropa
pixabay.com

Georgia merupakan sebuah negara yang menganut sistem pemerintahan yang terletak diantara benua Asia dan Benua Eropa. Negara ini berbatasan langsung dengan negara Rusia disebelah utara dan disebelah selatannya berbatasan langsung dengan negara Armenia dan negara Azerbaijan.

Georgia memiliki luas wilayah sebesar 69.700 km2 dengan jumlah penduduk 3,75 juta jiwa. Sebagian penduduknya berasal dari etnis Geogia.

Georgia masih tergolong negara berkembang dikawasa Eropa dengan pendapat perkapita $9.891 dan persentase pertumbuhan ekonominya hanya 5,7 %.

Itulah negara-negara berkembang yang terdapat di Benua Eropa. Untuk melengkapi pengetahuan tentang negara-negara berkembang di dunia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *