negara maju di Asia

Daftar Lengkap Negara Maju di Asia Beserta Profil Masing-masing Negara

Negara Maju di Asia – Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan Benua Asia, karena Indonesia sendiri termasuk bagian dari benua Asia. Lebih tepatnya Indonesia terletak di benua Asia bagian tenggara. Selain Indonesia ada beberapa negara yang terletak dikawasan Asia Tenggara diantaranya Timor Leste, Malaysia, Brunei Darussalam, Kamboja, Philipina, Vietnam, Singapura, Laos, Myanmar, dan Thailand.

Benua Asia merupakan benua terbesar yang ada didunia dibandingkan benua-benua yang lain. Kalian bisa melihat dan membandingkan ukurannya melalui peta maupun globe. Mempunyai luas yang paling besar pastinya didalam terdapat juga banyak negara-negara.

Benua Asia sendiri dibagi menjadi beberapa bagian, pembagian tersebut berdasarkan letak masing-masing negara dan dikelompokkan dibeberapa kawasan diantaranya Asia Timur, Asia Barat, Asia Selatan, Utara dan Asia Tenggara.

Dari sekian banyak negara yang ada di Benua Asia terdapat beberapa maju dan berkembang. Meskipun benua Asia identik dengan negara berkembang, namun juga ada beberapa negara majunya.

Indonesia sendiri masih termasuk kedalam negara berkembang di Asia, hal ini dikarena Indonesia masih dalam tahap pembangunan dan taraf perekonomiannya masih rendah.

Negara Maju di Asia

negara maju di Asia
pixabay.com

Banyak faktor yang membuat suatu negara dapat digolongkan sebagai negara maju diantaranya mempunyai sumber daya manusia yang tinggi, pendapatan perkapita yang tinggi dan masih banyak yang lainnya. Untuk penjelasan lebih lengkap lagi baca juga pengertian dan ciri-ciri negara maju.

Berikut daftar negara maju di Asia lengkap beserta dengan profil masing-masing negara.

Jepang

bendera jepang, map negara jepang
pixabay.com

Jepang atau sering dijuluki sebagai negara matahari terbit yang mana pemerintahannya menggunakan sistem pemerintahan monarki konstitusional. Sistem pemerintahan monarki konstitusional adalah negara yang dipimpin oleh raja dan kepala pemerintahannya dipimpin oleh seorang menteri.

Jepang merupakan negara kepulauan yang mana terletak di Benua Asia bagian Timur. Total pulau yang dimiliki oleh negara Jepang yaitu sebanyak 6.852 terdiri dari pulau besar dan kecil dan denga luas wilayah keseluruhan sebesar 377.915 km.

Jumlah populasi penduduk yang ada sebanyak 126.702.133 jiwa, dari sekian banyak penduduk yang yang ada terdiri dari macam suku bangsa diantaranya Jepang, Tionghoa, Korea dan masih banyak yang lainnya. Percampuran suku bangsa bisa terjadi dikarena masing-masing negara tersebut mempunya letak astronomis yang sangat berdekatan.

Dari segi perekonomian Jepang memiliki perekonomian terbesar nomor tiga di dunia, hal ini menjadi Jepang sebagai negara maju di Asia. Pendapatan domestik bruto yang dimiliki Jepang yaitu sebesar US$ 4,3 triliun dan pendapatan perkapitanya sebesar US$ 38.900.

Namun akhir-akhir ini Jepang mengalami kemerosokan, hal ini disebabkan permasalah penurunan penduduk. Penurunan penduduk bisa terjadi dikarenakan jumlah kelahiran dan jumlah kematian tidak seimbang. Dari per 1000 penduduk yang yang ada di Jepang jumlah kelahirannya hanya 7,8 sedangkan jumlah kematiannya mencapai 9,6. Permasalah tersebut membuat Jepang krisis terhadap generasi muda yang akan meneruskan perekonomian negara.

Singapura

bendera singapura, map negara singapura
pixabay.com

Singapura merupakan sebuah negara yang sistem pemerintahannya menggunakan sistem pemerintahan republik parlementer. Singapura adalah negara terkecil yang terdapat dikawasan Asia bagian tenggara. Saking kecilnya negara ini hampir sama dengan luas Ibukota Jakarta. Luas wilayah negara Singapura hanya sebesar 697 km2.

Jumlah populasi penduduknya 781.728 jiwa dan rata-rata penduduknya berasal dari etnis tionghoa. Bahasa resmi yang digunakan yaitu bahasa inggris, mandarin, dan melayu.

Singapura termasuk negara maju di Asia dengan pendapatan domestik bruto mencapai US$. 487,9 miliar dan pendapatan perkapitnya sebesar US$. 87.100. Negara ini mempunyai pertumbuhan penduduk yang cukup stabil dan pembangunan yang merata, maka dari itu negara ini layak menjadi negara maju di Asia.

Dari segi perekonomiannya negara ini lebih mengunggulkan dari sektor industri sama seperti negara-negara maju lainnya. Dari sektor industri Singapura mampu menghasilkan produk ekspor diantaranya elektronik, bahan kimia, pengolahan minyak bumi, pengolahan karet, bahan kimia, perkapalan, dan pengolah makanan.

Negara yang Diprediksi Akan Menjadi Negara Maju di Asia

ciri-ciri negara maju
pexels.com

Nama-nama negara berikut memang sudah diprediksikan akan menjadi negara maju. Tetapi pada saat ini negara-negara tersebut masih belum bisa menjadi negara maju.

Kenapa masih belum bisa menjadi negara maju ?

Hal ini dikarena masih ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, memang dari segi pendapatan negara dan sumber daya manusia sudah memenuhi kriteria sebagai negara maju. Tetapi ada beberapa masalah yang harus dibenahi seperti contoh pertumbuhan penduduk yang belum bisa terkendali.

Berikut negara yang diprediksi akan menjadi negara maju di Asia

China

bendera China, negara berkembang di asia
pixabay.com

China adalah sebuah negara yang menganut sistem pemerintahan republik komunis. Pemerintahan republik komunis adalah bentuk pemerintahan yang menganut pada sistem satu partai saja. Dalam pembagian wilayah di Benua Asia, China terletak dikawasan Asia bagian timur.

China merupakan salah satu negara terbesar di Benua Asia bahkan terbesar juga di dunia yaitu dengan luas wilayah sebesar 9.596.960 km2. Selain mempunyai negara dengan luas terbesar, China juga mempunyai populasi penduduk terbanyak di dunia. Total penduduk negara China yaitu mencapai 258 juta jiwa, rata-rata pendudunya berasal dari etnis tionghoa. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa mandarin.

Saat ini China masih tergolong negara berkembang di Asia, namun negara ini diprediksi akan menjadi negara maju di Asia. Pertumbuhan sumber daya manusia yang semakin meningkat lah yang menjadi alasan bahwa China akan menjadi negara maju. Dari pertumbuhan sumber daya manusia yang semakin meningkat  kini China sudah mampu berinovasi untuk mengembangkan teknologinya bahkan sekarang sudah mampu bersaing dengan pasar dunia.

Alasan China sampai sekarang belum bisa menjadi negara maju ialah sebagai negara berpenduduk terbanyak didunia, China masih belum bisa mengontrol pertumbuhan penduduk dengan baik. Hal ini menyebabkan tingkat pengangguran dan gelandangan semakin meningkat, karena jumlah penduduk yang ada dengan lapangan pekerjaan tidak sebanding. Masalah tersebutlah yang mengahabat negara China menjadi negara maju.

Dari segi pereknomiannya, China merupakan sebagai negara dengan perekonomian terbesar di dunia. China saat ini lebih mengunggulkan dari sektor industri. Dari sektor industri China mampu menghasilkan beberapa produk ekspor diantaranya gadget, elektronik, transportasi, mesin-mesin pabrik dan masih banyak yang lainnya.

Pendapatan bruto yang mampu dihasilkan negara China yaitu sebesar US$. 12 triliun dan pendapatan perkapitanya US$ 15.400.

Arab Saudi

map negara arab saudi, bendera arab saudi
pixabay.com

Arab Saudi merupakan sebuah negara dengan sistem pemerintahan monarki absolut (kerajaan). Letak negara ini yaitu di kawasan Asia bagian barat dengan luas wilayah 2.149.690 km2.

Jumlah populasi penduduk yang menduduki negara Arab Saudi sekarang yaitu sebanyak 28.571.770 jiwa dan rata-rata penduduknya berasal dari etnis Arab. Bahasa resmi yag diguakan yaitu bahsa Arab.

Saat ini Arab Saudi masih menjadi negara berkembang di Asia, namun negara ini diprediksi akan menjadi negara maju di Asia. Jumlah peningkatan pendapatan negara dan pendapatan perkapita yang semakin meningkat menjadi salah satu alasan bahwa negara ini diprediksi akan maju. Selain itu pembangunan yang dilakukan negara Arab sekarang sangat besar-besaran guna untuk memajukan negaranya.

Alasan Arab Saudi sampai sekarang belum bisa menjadi negara maju di Asia yaitu tingkat pertumbuhan yang tinggi dan masih belum bisa dikontrol. Selain itu pembangunan yang kurang merata, pembangunan hanya dilakukan dipusat-pusat kota penting saja. Masalah tersebutlah yang mengahabat negara China menjadi negara maju.

Dari segi perekonomiannya, Arab Saudi merupakan negara penghasil sekaligus pengekspor minyak terbesar di dunia. Maka tidak heran lagi kalau saat ini Arab lebih mengandalkan dari sektor pertambangan.

Pendapatan domestik bruto yang mampu dihasilkan negara Arab Saudi yaitu sebesar US$. 1.789 sedangkan pendapatan perkapitanya sebesar US$. 55.300.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *