negara maju

Negara Maju di Eropa Lengkap dengan Profil Masing-masing Negara

Negara Maju di Eropa – Benua Eropa atau benua yang berjulukan sebagai benua biru. Benua Eropa merupakan salah satu benua yang mempunyai negara terpadat di dunia. Jumlah negara yang terdapat di Benua Eropa yaitu mencapai lebih dari 50 negara. Dari 50 negara tersebut dibagi menjadi lima kawasan yaitu Eropa Timur, Eropa Barat, Eropa Utara, Eropa Selatan dan Eropa Tengah.

Di Benua Eropa memang identik dengan negara maju, bahkan hampir semua negara-negara yang terdapat di Benua Eropa maju. Tapi tidak menutup kemungkinan terdapat negara berkembang. Negara berkembang yang ada di Benua Eropa kebanyakan terdapat dikawasan Eropa bagian timur. Tetapi perbandingannya tetap masih banyak negara majunya dibandingkan dengan negara berkembang.

Kenapa negara di Benua Eropa rata-rata maju ? Pasti kalian akan menanyakan hal itu.

Karena negara-negara di Benua Eropa memiliki penduduk yang tingkat sumber daya manusianya tinggi. Sumber daya manusia yang tinggi lah dapat mempengaruhi beberapa hal, seperti tingkat penguasaan teknologi yang sudah maju, pendapatan perkapita tinggi dan masih banyak yang lainnya. Baca selengkapnya

Negara Maju di Eropa

ciri-ciri negara maju
pexels.com

Faktor yang mempengaruhi negara-negara di Benua Eropa bisa maju yaitu sebagian besar negara yang terdapat di Benua Eropa adalah negara penjelajah. Menjelajahi disetiap wilayah dibelahan dunia, yang bertujuan untuk memperluas wilayah dan mendapatkan sumber daya alam yang banyak.

Karena didaratan Eropa tidak mempunyai sumber daya alam yang banyak. Sehingga mereka menjelajah sekaligus menjajah untuk mendapatkan sumber daya alam.

Semuanya itu didukung dengan sumber daya manusia yang cukup tinggi. Maka dari itu negara-negara maju yang terdapat dikawasan Eropa sangat berpengaruh besar dalam perekonomian dunia.

Berikut adalah daftar negara maju di Eropa beserta profil masing-masing negara.

Italia

bendera Italia
pixabay.com

Italia merupakan sebuah negara yang menggunakan sistem pemerintahan republic parlementer. Dalam pembagian wilayah di kawasan Benua Eropa, Italia terletak di kawasan Eropa bagian selatan dan mempunyai luas wilayah sebesar 301.340 km2.

Populasi penduduk yang berada dinegara tersebut mencapai 62.137.802 jiwa dan rata-rata suku bangsa atau etnis yang menduduki yaitu etnis Italia. Bahasa yang resmi digunakan yaitu bahasa Italia.

Dari segi perekonomian Italia menduduki peringkat 12, sebagai negara yang mempunyai perekonomi terbesar di dunia dan perekonomian terbesar nomor 4 di Benua Eropa. Perekonomian yang unggul dari negara Italia yaitu berasal dari sektor pariwisata, pertanian dan industri.

Dari sektor pertanian dan industri dapat menghasilkan komoditas diantaranya yaitu kentang, kacang kedelai, zaitun, anggur, bijia-bijian, permesinan, besi, baja, bahan kimai, pengolahan makanan, tekstil, keramik dan pakaian.

Berdasarkan paritas daya beli Italia memiliki pendapatan domestik bruto sebesar US$2,23 triliun dan pendapatan perkapita sebesar US$36.800. Hal tersebut menjadikan negara Italia tergolong negara maju di Eropa.

Spanyol

bendera Spanyol
pixabay.com

Spanyol adalah sebuah negara yang menggunakan sistem pemerintahan monarki konstitusional. Monarki konstitusional adalah sistem pemerintahan yang dipimpin oleh raja atau ratu. Dalam pembagian wilayah di benua Eropa, Spanyol terletak di kawasan Eropa bagian barat.  Spanyol merupakan negara terbesar nomor 3 di Benua Eropa dengan luas wilayah sebesar 505.370 km2.

Jumlah populasi penduduk yang tercatat di negara Spanyol yaitu mencapai 48.563.476 dan bahasa resmi yang digunakan yaitu bahasa Spanyol.

Dari segi perekonomiannya Spanyol termasuk negara maju di Eropa yang mempunyai pendapatan domestik bruto sebesar US$1,69 triliun dan pendapatan perkapita sebesar US$36.500. Dari pendapatan domestik bruto yang cukup tinggi, menjadikan negara Spanyol sebagai negara dengan ekonomi terbesar ke-15 di dunia.

Perekonomian yang paling diunggulkan yaitu berasal dari sektor industri. Dari sektor industri Spanyol dapat menghasilkan komoditas ekspor diantaranya yaitu produk-produk otomotif, mesin dan masih produk-produk konsumen yang lainnya.

Jerman

bendera spanyol
pixabay.com

Jerman merupakan sebuah negara yang menggunakan sistem pemerintahan republik federal federasi. Negara ini pernah terpecah menjadi dua yaitu Jeman Barat dan Jerman Timur. Hal tersebut bisa terjadi karena kalah pada saat perang dunia kedua. Jerman yang dikuasai negara sekutu seperti Perancis, Inggris, dan Amerika Serikat. Sedangkan Jerman Timur dikuasai oleh Uni Soviet.

Namun pada akhirnya negara Jerman dapat bersatu kembali pada tanggal 3 Oktober 1990.

Jerman sendiri terletak di kawasan Eropa bagian timur dengan luas wilayah sebesar 357.022 km2. Jumlah populasi penduduk yaitu mencapai 80.722.792 jiwa dan bahasa resmi yang digunakan yaitu bahasa Jerman.

Dari segi perekonomiannya Jerman salah satu negara yang mempunyai ekonomi yang paling besar di benua Eropa dan terbesar nomor 5 di dunia. Hal tersabut di pengaruhi oleh tenaga kerja yang mempunyai kemampuan yang cukup tinggi dan memiliki inovasi baru masalah teknologi. Sehingga menjadikan negara Jerman seabagai negara maju di Eropa.

Perekonomian yang paling diunggulkan dari negara Jerman yaitu dari sektor industri. Jerman merupakan negara industri berteknologi tinggi yang mampu menghasilkan komoditas berkualitas. Komoditas berkualitas yang dapat dihasilkan negara Jerman yaitu seperti otomotif, elektronik, perkapalan, bahan kimia, mesin, alat-alat industri, baja, besi, batu bara, makanan dan minuman.

Jerman memiliki pendapatan domestik bruto sebesar US$3,979 triliun dan penduduknya memiliki pendapatan perkapita sebesar US$48.200.

Belanda

bendera belanda
pixabay.com

Belanda merupakan sebuah negara yang menganut sistem pemerintahan monarki konstitusional atau sebuah negara yang pemimpinnya ratu atau raja. Dalam pembagian kawasan di Benua Eropa, Belanda terletak dikawasan Eropa bagian barat dengan luas wilayah 41.543 km2.

Populasi penduduk yang tercatat mencapai 17.016.967 dan rata-rata penduduknya berasal dari etnis dutch atau etnis asli dari negara Belanda. Bahasa resmi yang digunakan yaitu bahasa Belanda.

Dari segi perekonomiannya Belanda termasuk negara maju di Eropa dengan pendapatan domestik bruto sebesar US$ 865,9 miliar dan pendapatan perkapita sebesar US$ 50.800.

Bidang perekonomian Belanda yang paling diunggulkan atau yang paling utama yaitu berasal dari sektor industri. Dari sektor industri Belanda mampu menghasilkan produk-produk seperti makanan, minuman, mesin listrik, minyak dan bahan kimia.

Belgia

bendera belgia
pixabay.com

Belgia merupakan negara yang menggunakan sistem pemerintahan konstitusional monarki federal. Bentuk pemerintahan konstitusional monarki federal adalah sebuah negara yang dipimpin oleh raja, sedangkan kepala pemerintahannya dipimpin oleh seorang menteri.

Negara ini terletak dikawasan Benua Eropa bagian barat dengan luas wilayah 30.528 km2. Jumlah populasi penduduk negara Belgia mencapai 11.491.346 jiwa, dari 11 juta lebih penduduknya berasal dari macam-macam suku bangsa yaitu Belgia 75%, Italia 4,1%, Maroko 3,7%, Perancis 2,4%, Turki 2%, Belanda 2% dan sisanya berasal etnis lainnya. Percampuran suku bangsa atau etnis bisa terjadi dikarenakan letak masing-masing negara di Benua Eropa sangatlah berdekatan.

Dari segi perekonomiannya Belgia termasuk negara maju di Eropa, karena memiliki perkapita yang cukup tinggi yaitu sebesar US$46.300 dan pendapatan domestik bruto sebesar US$526,4 miliar.

Sektor industri yang paling diunggulkan dan diutamakan, karena sangat berpengaruh bagi perekonomian negara Belgia. Komoditas yang mampu dihasilkan dari negara Belgia yaitu produk-produk seperti logam, transportasi, kimia, tekstil, perminyakan, makanan dan minuman.

Inggris

bendera inggris
pixabay.com

Inggris merupakan negara yang menggunkan sistem pemerintahan monarki atau kerajaan, yang kepala negaranya dipimpin oleh ratu dan kepala pemerintahannya dipimpin oleh seorang perdana menteri.

Inggris terletak dikawasan Eropa bagian barat dengan luas wilayah 244.046 km2 dan jumlah populasi penduduknya mencapai 53.013.000 jiwa.

Dari segi perekonomianya Inggris temasuk negara maju di Eropa dengan pendapatan perkapita mencapai  £ 22.907. perekonomian negara Inggris sangat mengandalkan dari sektor industri. Karena industri yang terdapat dinegara Inggris merupakan perindustrian terbesar di Benua Eropa bahkan di dunia.

Sektor perindustrian di negara Inggris mampu menghasilkan tekstil, ala transportasi, alat pertanian, alat elektronik, kimia dan baja.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *