pakaian adat nusantara

Pakaian Adat Nusantara Terunik

Pakaian adat nusantara-Pakaian adat merupakan pakaian khas yang dimiliki disetiap daerah Indonesia. Disetiap provinsi di Indonesia pasti memiliki pakaian yang berbeda bentuk dan rupa. Hal tersebut dipengaruhi oleh keragaman budaya yang dimiliki negara kita.

Akan tetapi pada jaman sekarang sudah jarang kita temui orang-orang yang mengenakan pakaian adat, karena beberapa orang beranggapan bahwa memakai pakaian adat itu terlalu ribet. Jadi orang-orang sekarang lebih memakai pakaian yang modern karena lebih simple dan lebih stylelis.

Walaupun pakaian jaman sekarang sudah lebih modis dan simple untuk dikenakan, akan tetapi kita harus tetap menjaga nila-nlai budaya kita. Sebab kalau bukan kita siapa lagi.

Berikut beberapa pakaian adat nusantara yang paling.

Pakaian Adat Provinsi Aceh

pakaian adat nusantara
sangpemanah.com

Pakaian adat Aceh memiliki dua jenis yaitu pakaian yang dikenakan oleh laki-laki dan pakaian yang dikenakan oleh perempuan. Masing-masing pakaian tersebut memiliki nama yang berbeda, untuk yang dikenakan oleh laki-laki bernama linto baro dan untuk perempuan bernama daro baro.

Pakaian yang dikenakan oleh laki-laki linto baro dan pakaian yang dikenakan perempuan daro baro terdiri dari beberapa bagian.

Pakaian yang dikenakan untuk laki-laki Linto Baro terdiri dari :

  • Meukasah merupakan baju atasan yang ditenun, baju ini memiliki dasar hitam. Karena masyarakat Aceh percaya bahwa warna hitam melambangkan kebesaran.
  • Sileuweu merupakan celana panjang berwarna hitam
  • Ija sangket merupakan aksesoris tambahan berupa sarung yang dikenakan dipinggang
  • Meaukeutop merupakan tutp kepala yang sering disebut kopyah
  • Rencong merupakan senjata tradisional Aceh

Pakaian yang dikenakan untuk perempuan Daro Baro terdir dari :

  • Baju kurung merupakan baju atasan
  • Celana cekak musang merupakan celana panjang yag berwarna hampir sama seperti yang dikenakan oleh laki-laki
  • Ija sangket merupakan aksesoris tambahan berupa sarung yang dikenakan dipinggang
  • Penutup kepala
  • Perhiasan basanya berupa bunga yang masih segar

Pakaian tersebut biasanya hanya dikenakan acara-acara tertentu saja seperti pada saat menghadiri upacara adat dan pada saat upacara pemerintahan.

Pakaian Adat Provinsi Sumatera Barat

pakaian adat nusantara
infobudayaindonesia.com

Pakaian adat Sumatera Barat memang cukup dikenal di Indonesia dikarenakan keunikannya. Pakaian ini bernama bundo kanduang atau memiliki nama lain limapeh rumah nan gadang.

Keunikan dari pakaian ini sendiri yaitu pada penutup kepala yang dikenakan oleh para perempuan yang menyerupai rumah gadang atau bisa juga tanduk kerbau.

Pakaian bundo kanduang biasanya dipakai oleh perempuan yang sudah menikah atau perempuan yang sudah mempunyai tanggung jawab.

Pakaian Adat Provinsi Sumatera Utara

pakaian adat nusantara
beritagar.id

Pakaian Adat Sumatera Utara memiliki beberapa jenis salah satunya yang tekenal yaitu pakian adat batak toba. Pakian adat batak toba juga sempat dikenakan oleh presiden Jokowi pada saat kunjunganya di Provinsi Sumatera Utara.

Pakaian ini memiliki perpaduan warna putih dan coklat, perduan corak tersebut sangatlah anggun apabila dikenakan.

Sebenarnya suku batak memiliki beberapa pakaian adat yang berbeda, dikarenakan disetiap kegiatan tertentu mereka memiliki pakaian tersendiri untuk dikenakan.

Pakaian Adat Provinsi Kalimantan Barat

pakaian adat nusantara
qlapa.com

Pakaian adat Kalimantan Barat bernama king baba dan king bibinge. King baba merupakan pakaian adat yang dikenakan oleh seorang laki-laki, dan king bibinge pakaian adat yang dikenakan oleh perempuan.

Kedua pakaian adat tersebut mempunyai keunikan tersendiri, karena kedua pakaian tersebut dibuat dari bahan kulit kayu yang dipukul-pukul hingga tersisa seratnya saja. Pewarna yang digunakan untuk mewarnai pakaian tersebut pun masih memakai bahan alami yag didapat dari alam.

Biasanya pakaian tersebut dibentuk menyerupai rompi dan mengenakan celana panjang, untuk hiasannya sendiri hanya memakai ikat kepala yang terbuat dari kulit kayu juga.

Pakaian Adat Provinsi Kalimantan Timur

pakaian adat nusantara
jelitakostum.com

Pakaian Adat Kalimantan Timur memiliki tiga jenis pakaian yaitu ta’a, sapei sapaq dan baju miskat. Ketiga pakaian tersebut berasal dari suku dayak dan suku kutai.

Ta’a dan sapei merupakan pakaian yang berasal dari suku dayak. Sapei sapaq pakaian yang dikenakan oleh para laki-laki suku batak, sedangkan ta’a pakaian yang dikenakana para perempuan. Keunikan pakaian ini yaitu masih memanfaatkan bahan-bahan yang berasal dari alam.

Baju miskat merupakan pakaian yang berasal dari suku kutai. Baju ini lebih populer dari baju dari suku dayak, dikarenakan mempunyai disain yang lebih menarik namun tetap sederhana.

Pakaian Adat Provinsi Kalimantan Selatan

pakaian adat nusantara
fbbcommunity.com

Pakaian adat Kalimantan Selatan merupakan pakaian yang berasal dari suku banjar. Suku banjar sendiri tidak hanya mempunyai satu jenis pakaian adat saja, tapi mempunyai empat jenis pakaian adat diantaranya yaitu :

  • Pengantin bagajah gamuling baular lulut
  • Pengantin baamar galung pancar matahari
  • Pengantin babaju kun galung pacinan
  • Pangantin babaju kubaya panjang

Pakaian Adat Provinsi Kalimantan Tengah

pakaian adat nusantara
historic-terlingua.com

Pakaian adat Kalimantan Tengah merupakan pakaian yang berasal dari suku dayak ngaju. Pakaian dayak ngaju disebut baju sangkarut.

Baju sangkarut merupakan pakaian yang berupa rompi yang dibuat dari kulit nyamu dan kulit lemba. Kulit tersebut berasal dari tumbuhan pinang yang mempunyai serat cukup banyak dan teksturnya kuat sehingga mudah untuk dirajut.

Pakaian ini dulu dikenakan pada saat perang, namun pada saat ini pakaian ini sudah beralih fungsi yaitu sebagai upacara pernikahan maupun adat.

Pakaian Adat Provinsi Jawa Barat

pakaian adat nusantara
youtube.com

Pakaian adat Jawa Barat bernama baju pangsi dan kebaya sunda. Baju pangsi merupakan pakaian adat yang dikenakan oleh para laki-laki, sedangkan kebaya sunda pakaian yang dipakai oleh para perempuan sunda.

Ciri-ciri pakaian yang  dikenakan laki-laki yaitu memiliki setelan hitam-hitam dan celana yang dikenakan longgar atau komprang. Sebenarnya kata pangsi sendiri dalam bahasa sunda berarti celana longgar. Tapi tidak tahu kenapa orang-orang lebih sering menyebut pakaian adat sunda dengan baju pangsi. Mungkin karena celana yang digunakan yang mempengaruhi nama setelan.

Untuk yang dikenakan perempuan yaitu baju kebaya memilki ciri-ciri rok yang dikenakan menggunakan kain batik dan untuk atasannya mengenakan baju kebaya yang dilengkapi aksesoris selendang bermotif.

Pakaian Adat Provinsi Jawa Tengah

pakaian adat nusantara
viva.co.id

Pakaian adat Jawa Tengah bernama beskap. Mungkin untuk pakaian yang satu ini sudah tidak asing lagi karena pakaian ini memang cukup populer. Beskap mempunyai bentuk menyerupai jas, desain beskap dibuat oleh oaring-orang belanda pada masa penjajahan dulu.

Setelan pakaian yang digunakan yaitu memakai bawahan kain batik yang diikat pada pinggangnya, atasan tentunya memakai baju beskap. Untuk aksesorisnya yang digunakan yaitu membawa keris yang diselipkan dipinggang dan memakai blangkon sebagai penetup kepala.

Pakaian Adat Provinsi Yogyakarta

pakaian adat nusantara
adatindonesia.com

Meskipun letak Provinsi Yogyakarta berdekatan dengan provinsi Jawa Tengah mereka mempunyai adat istiadat yang berbeda, termasuk pakaian adat yang mereka kenakan pun juga berbeda.

Pakaian adat Yogyakarta yaitu bernama surjan, baju surjan memiliki dua motif diantaranya motif lurik dan motif kembang. Pakaian yang dikenakan laki-laki ini menggunakan bawahan kain batik yang diikatkan dipinggang dan aksesoris tambahannya memakai blangkon sebagai penutup kepala.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *