Pengalaman Dalam Dunia Bermusik yang tidak Terlupakan

 

https://www.pexels.com/

Berawal dari seorang teman yang dulu menawarkan kepada saya untuk membuat grup band. Hal tersebut juga hanya keisengan saja. hehehe .

Cuma sekedar hobi bermusik ,padahal pada waktu itu saya belum bisa bermain musik megang gitar aja kaku nya minta ampun hadeh.

Tapi temen saya tetap mengajak saya pokok suruh belajar dulu aja saya ,dia sih sebelumnya sudah mempunyai grup band tapi band nya sudah lama bubar ya dikarenakan ada masalah yang tidak bisa diselesaikan bersama bukannya sok tahu saya ya katanya sih gitu. hehe.

Awal awal Terbentuk Band

Maka dari itu dia berinisiatif untuk mengajak teman teman untuk membuat grup band lagi, tapi harus tetap ingat tujuan kita bersama kedepannya agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan lagi. Ya temen teman sih nurut aja karena dia lebih berpengalaman.

Akhirnya saya disuruh untuk belajar bermain gitar terlebih dahulu, kalo sudah bisa dia pengen ngajak teman-teman  main-main ke studio musik, selang beberapa waktu kalo nggak salah sih sekitar tiga bulanan ya sedikit dikit bisa.

Langsung aja diajak ke studio musik tapi ya sebenernya saya juga pengen kesana soal nya pengen tahu kayak apa maklum lah ya tahu tentang musik baru aja. Seingat saya pada saat itu temen saya langsung mengajak meng-cover lagunya Remember of Today yang berjudul Pergi Hilang dan Lupakan  sebuah grup band berasal dari Jakarta  yang sangat menginspirasi. hehehe .

Setiap ke studio itu itu saja yang dicover soalnya lagu enak didenger selain itu mudah untuk dicover.

Ya emang lagunya itu enak untuk didengarkan dan mudah untuk dicover khusus untuk band band yang ber-genre poppunk.

Pada waktu itu lah awal-awal terbentuk nya band.

Pengalaman Perform untuk Pertama Kalinya

Sudah terbentuknya band tapi masih bingung buat namain. hadeh, katanya temen temen yang penting main dulu aja. hehehe.

Sampai ada tawaran main dari desa sebelah untuk acara memeriahkan suasana tujuh belas Agustus-an. Masih aja belum ketemu namanya, acara sudah mepet baru fix nama yang cocok yaitu Ice Cream Sandwich. Sebenernya saya sih nggak tahu maksud nama itu apa yang penting mah saya ngikut aja. hehe.

Sebenar tawaran pertama kali untuk perform itu masih bingung semua, diambil apa nggak mau diambil takut mainnya jelek kalo gak diambil sayang karena kesempetan kita itu dari situ untuk berkembang. Akhirnya teman teman  sepakat untuk mengambil  tawaran tersebut.

Karena apapun yang terjadi itu menjadi pengalaman kita untuk lebih baik lagi.

Bukan hal yang mudah untuk perform pertama kali, yang ditakutkan yaitu nervest.  wahh….

kalo itu semua orang pasti akan mengalami kalo pertama kali naik panggung, kalo udah nervest yahh jangan ditanya lagi apa yang akan kita rencanakan diatas panggung pasti akan lupa semua.

Solusinya sih harus tetap percaya diri.

Perform pertama kali Alhamdulillah lancar walaupun tampil dengan keadaan muka yang sangat datar,  tentunya perjuangan ini tidak sebentar.

Kita sebelum perform hampir setiap hari pergi ke studion untuk latihan agar pada saat hari H dapat tampil dengan maksimal. hehe.

Vakum untuk Sementara Waktu

Perjalanan masih  panjang banyak  hal yang harus kita perbaiki, seiring berjalannya waktu hal-hal yang tidak diinginkan pun datang. Ada beberapa  masalah yang tidak dapat diselesaikan mulai dari tidak samanya tujuan untuk kedepan.

Akhirnya salah satu dari personil kita ada yang mengundurkan diri yaitu diposisi vokalis, dia memilih mengundurkan diri band karena dia berfikir dari pada membebani teman yang lain.

Tapi kita tetap teman walaupun beda tujuan karena yang namanya teman itu tidak ada putusnya.

Selang beberapa bulan kita memutuskan untuk vakum terlebih dahulu, dikarena banyak kendala yang terjadi selain itu kita masih kekurangan pemain untuk menggantikan posisi si vokalis.

Membentuk Formasi Baru

Setelah masalah terselesaikan kita memutuskan untuk berkumpul kembali dengan formasi yang baru dan dengan posisi yang baru, kita mendapatkan drummer baru. Yang dulunya drummer sekarang pindah jadi vokalis dan saya dulunya gitaris pindah bassis. Pokok dalam formasi yang baru.

Dengan formasi yang baru tentunya kita harus mengganti nama baru, karena yang lalu biar lah berlalu. hmmm.

Setelah dibicarakan bersama-sama dipilihlah nama Jalan Cerita sebagai awal yang baru untuk kedepannya, bukan berarti tujuan kita berbeda dari pertama kita membangun grup band. Tetap dengan tujuan yang sama yaitu  bersama meraih mimpi kita, apapun keadaannya kita harus tetap bersama meraih mimpi dan cita cita.

Sesuai dengan single pertama kita yang berjudul “Bersama Meraih Mimpi”.

Ada salah satu teman yang membantu kita dia mempunyai grup band juga malah dia lebih senior dari kita. Kita sering sharing-sharing juga dengannya tentang apa yang harus diperbaiki untuk kita agar lebih baik kedepannya.

Dan dia menyarankan untuk mengikuti komunitas di daerah Kediri agar bisa menambah wawasan dan pengalaman baru tentang dunia bermusik. Karena disana banyak teman teman yang lebih senior dan pengalamannnya tentu tidak dapat diragukan lagi.

Tentu  kita tidak menyianyiakan kesempatan ini.

Karena perjalanan masih panjang kita tetap harus berjuang dan berkembang.

Komunitas ini adalah komunitas yang menampung band-band lokal yang ada di daerah Kediri khususnya yang ber-genre poppunk. Memang benar pertama kali kita join dengan komunitas tersebut, memang rata-rata semua sudah mempunyai jam terbang yang tinggi. mantep dah.

Jadi kita bisa nambah pengalaman baru dan hal yang baru yang belum kita ketahui. Bukan hanya membahas tentang musik saja tapi bersosialisasi dengan masyarakat juga penting agar masyarakat juga ikut berkontribusi dengan kita, ya paling tidak masyarakat tahu tentang keberadaan kita.

Seperti contoh acara dodasi untuk membantu saudara kita yang kurang mampu, acara migguan rutin bagi bagi takjil pada saat bulan ramadhan dan masih banyak yang lainnya.

Dengan masuknya komunitas memang sangat berpengaruh bagi band kita, karena banyak informasi yang kita dapat, seperti contoh masukan bagai mana kita kedepannya dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tentunya tidak itu-itu saja informasi yang kita dapat, banyak sekali informasi tawaran untuk main. Dan komunitas kita sering mengadakan acara sehingga kita dapat menambah jam terbang untuk perform.

Rilis Lagu–lagu Terbaru

Seiring berjalannya waktu dan hal baru tentunya pengalaman sudah bertambah itu semua berkat teman-teman semua yang terus memberi masukan untuk kita. Sehingga kita dapat merilis single-single terbaru.

Single kedua yang berjudul “Lepaskan” yang rilis pada tanggal 16 Februari 2016, ketiga berjudul “Ingin Mengulang Waktu” rilis 22 Mei 2017 dan yang keempat berjudul “Hilang dan Pergi” rilis pada 26 Agustus 2017.

Sedikit promosi lah ya semua lagu itu dapat di download di www.reverbnation.com/jalancerita6 hehehe.Mungkin ceritanya cukup sekian sebenarnya sihh masih banyak lagi, mungkin akan disambung nanti. hehehe.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *