rumah adat di indonesia

Jenis-jenis Rumah Adat di Indonesia Terunik dan Terpopuler

Rumah adat di Indonesia memang memiliki banyak macamnya. Dari sabang sampai merauke memiliki gaya bentuk dan arsitektur yang berbeda sesuai dengan adat dan budaya yang dimilikinya.

Selain rumah adat Indonesia juga kaya akan segala keunikan budaya yang tak terhingga, seperti pakaian adat nusantara, makan adat tradisionla, alat musik tradisional, dan masih banyak yang lainnya.

Rumah adat merupakan sebuah tempat hunian yang mempunyai ciri khas yang dimiliki oleh suatu suku bangsa. Gaya arsitektur yang berbeda merupakan suatu lambang dan mempunyai arti tertentu yang dianggap sakral oleh suatu suku bangsa tersebut.

Selain berfungsi sebagai rumah hunian biasanya rumah adat juga sering digunakan untuk upacara adat tertentu, maka dari itu rumah adat akan dianggap sakral.

Rumah adat di Indonesia memang sangat beragam tapi ciri-ciri yang paling mencolok yang dimiliki rumah adat Indonesia yaitu memiliki hiasan ukiran yang sangat bagus. Cara pembuatannya pun masih tradisional dan di kerjakan oleh orang-orang tertentu atau orang-orang yang ahli.

Sebelum pembangunan rumah juga akan dilakukan upacara tertentu dan ritual khusus. Biasanya untuk meminta sebuah keselatan dalam waktu pembangungan dan tentunya untuk penghormatan leluhur.

Rumah adat di Indonesia memang sudah jarang kita temui, karena pada jaman sekarang orang lebih memilih membangun rumah modern ketimbang rumah tradisional. Alasannya adalah lebih simpel pada saat pembangunan dan bahan yang dibutuhkan untuk pembangunan masih tersedia.

Rumah-rumah adat sekarang yang masih ada paling bisa dihitung dengan jari dan sengaja dipertahankan untuk menjadi simbol budaya Indonesia yang mempunyai beragam suku bangsa dan budaya.

Macam-macam Rumah Adat yang Ada di Indonesia

Berikut disini saya akan menunjukan macam-macam rumah adat yang ada di Indonesia :

Rumah Adat Joglo Situbondo Berasal Dari Jawa Timur

rumah adat di Indoesia
mindsetreset.net

Rumah Joglo Situbondo merupakan rumah adat yang mempunyai ciri khusus yaitu salah satu berbentuk linmas. Memang kalau kita lihat sekilas rumah adat ini sama dengan rumah adat joglo yang ada di Jawa tengah. Desain rumah ini memang terpengaruh dengan rumah joglo yang ada di Jawa Tengah.

Karena mempunyai letak yang berdekatan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah membuat rumah ini memiliki bentuk dan arsitektur hampir mirip. Dan memiliki makna, sifat yang hapir sama keduanya.

Komposisi bahan yang digunakan untuk membangun hampir 75%  menggunakan kayu, sehingga bangunan terlihat megah dan kokoh. Kayu jati memang sudah terbukti menjadi bahan rumah yang kuat sejak jaman dahulu.

Rumah Adat Honai Berasal Dari Papua

rumah adat di indonesia
duckdns.org

Rumah Adat Honai memiliki ciri khusus yaitu memiliki desain kerucut, atapnya dibuat dari bahan daun sagu atau jerami yang sudah dikeringkan. rumah ini memang sengaja didesain tertutup, hanya memiliki satu pintu dan tidak memiliki jendela.

Kata honai sendiri sebenarnya berasal dari kata Hun dan Ai, Hun yang berati laki-laki dewasa dan Ai berarti rumah. Secara keseluruhan mempunyai arti rumah laki-laki dewasa.

Bukan berarti untuk kaum perempuan tidak mempunyai rumah, hanya saja penyebutannya berbeda. Untuk kaum perempuan memilki rumah yang disebut Ebeai, sama halnya dengan dengan rumah honai yang dimiliki laki-laki. Ebeai terdiri dari dua suku kat yaitu Ebe dan Ai, Ebe berarti kehadiran tubuh dan Ai yang berarti rumah.

Rumah Adat Gapura Candi Bentar Berasal dari Bali

rumah adat di indonesia
rumahadatku.blogspot.com

Rumah Adat Gapura Candi Bentar memiliki ciri khusus yaitu gerbang masuk gapura yang sangat megah dan pintunya diukir.

Gapura memiliki ukuran yang sangat besar sehingga menyerupai candi. Dibagian halaman rumah memang segaja atapnya tidak dihubungkan ke pintu masuk gapura. Karena dihalaman dibangun dua buah candi yang saling berhadapan.

Selain itu juga didepan rumah dibangun sebuah bangunan suci yang befungsi sebagai tempat beribadah. Bangunan tersebut bernama sanggah dan pamejaran yang dihiasi ukiran-ukiran khas Bali. Setiap harinya para wanita akan meletakkan sebuah sesaji dibangunan tersebut untuk beribadah.

Rumah Adat Kebaya Berasal dari Jakarta

rumah adat di indonesia
budayajawa.id

Rumah adat kebaya memiliki ciri khas yaitu atapnya yang berbentuk seperti lipatan kebaya, maka dari itulah diberi nama rumah kebaya. Selain itu juga memiliki teras yang lumayan luas atau sering disebut gejogan.

Fungsi dari gejogan tersebut untuk tempat bersantai dan untuk menerima tamu yang berkunjung.

Pada umumnya masyarakat betawi dulu mempunyai halaman yang sangat luas. Halaman tersebut biasanya dipakai tempat sumber air atau dibangun sumur dan tempat pemakaman.

Rumah kebaya pada umumnya memiliki banyak ragam hias, Hiasan tersebut biasa dibuat didinding pembatas teras.

Rumah Adat Kasepuhan Berasal dari Jawa Barat

rumah adat di indonesia
maudisini.com

Rumah adat kasepuhan atau keraton kasepuhan merupakan rumah adat yang dapat kita temui didaerah Cirebon. Keraton ini sudah didirkan sejak tahun 1529.

Pendiri keraton tersebut bernama Pangeran Cakrabuana, sebenarnya keraton ini adalah pecahan dari keraton yang didirikan sebelumnya. Keraton utama atau keraton yang didirikan sebelumnya bernama keraton Pakungwati.

Rumah Adat Joglo Berasal dari Jawa Tengah

rumah adat di indonesia
rumahjoglo.net

Rumah adat joglo memiliki desain arsitektur yang sangat unik, keunikan tersebut ditunjukkan pada tengah atapnya yang menjulang tinggi. Pada teras rumah atapnya disangga oleh empat buah kayu jati yang sangat kokoh.

Memang sebagian besar rumah joglo konstruksinya dari kayu jati sehingga rumah joglo memiliki daya tahan yang sangat kuat. Atapnya yang terbuat dari tanah, tapi pada jaman dahulu umumnya rumah joglo memiliki atap yang terbuat dari alang-alang yang dianyam.

Rumah joglo terdiri dari beberapa bagian dan memiliki fungsi tersendiri bagian yang terdapat didepan rumah atau sering disebut dengan pendapa berfungsi sebagai tempat pertemuan atau acara-acara tententu. Teras rumah atau emperan, tempat ini berfungsi untuk menerima tamu atau sekedar tempat bersantai.

Bagian dalam rumah atau omah njero bisa disebut juga omah mburi berfungsi sebagia ruang keluarga. Tempat tidur atau senthong tempat ini biasanya akan dibangun ditiga tempat, yaitu dibagian kiri, tengah, dan kanan. Masing-masing memiliki fungsi tersendiri, bagian kiri berfungsi sebagai tempat tidur dan menyimpan makanan. Bagian tengah berfungsi untuk menyimpan barang-barang beharga.

Rumah Adat Lamin Berasal dari Kalimantan Timur

rumah adat di indonesia
modelkursi.co

Rumah adat lamin merupakan rumah adat yang dibuat dan ditinggali suku dayak pada jaman dahulu. Tapi pada saat ini sudah jarang ditemui rumah adat lamin, dikarenakan bahan konstruksi sudah mulai langka.

rumah adat ini memilki ukuran lebar sekitar 15 m dan panjangnya 300 m. Dikarena ukurannya yang sangat besar rumah ini dapat menampung hingga 20 keluarga.

Bahan konstruksi utama rumah lamin adalah kayu ulin sehingga dapat bertahan lama. Karena kayu ulin memiliki sifat yang kuat dan sering disebut juga kayu besi. Struktur rumah ini dibuat seperti panggung dan disangga oleh banyak tiang.

Rumah adat liman memiliki beberapa ciri khas dan masing-masing ciri mempunyai makna. Pada bagian tangga, dinding, atap, dan pagar terdapat ukiran-ukiran yang bermkna sebagai penolak bala.

Memilki ukuran rumah yang sangat besar sehingga dapat menampung beberapa keluarga. Hal itu bermakna memiliki rasa kebersamaan dan gotong royong yang sangat tinggi.

Rumah Adat Betang Berasal dari Kalimantan Tengah

rumah adat di indonesia
terokaborneo.com

Rumah adat betang merupakan rumah adat yang mempunyai ukuran yang sangat besar yang memnggambarkan tentang rasa kekeluargaan yang tinggi. Karena rumah ini dapat diisi sampai 15 keluarga.

Rumah ini memiliki panjang 150 m dan lebar 30 m. Rumah ini didesain seperti panggung yang mempunyai tiang penyangga setinggi 3 m dan disertai tangga yang berjumlah ganjil.

Rumah ini memiliki ciri khas dan mengandung makna tertentu. Dinding rumah yang terbuat dari kayu yang diukir, hanya memiliki satu buah pintu dan tangga yang berjumlah ganjil. Selain itu didekat pintu masuk akan dibangun sebuah patung yang berfungsi sebagai persembahan kepada para leluhur, patung tersebut dinamakan totem.

Rumah Adat Bumbungan Berasal dari Kalimantan Selatan

rumah adat di indonesia
wacana.co

Rumah adat bumbungan mempunyai bentuk rumah panggung yang lumayan tinggi dan ditopang beberapa tiang yang sangat kuat.

Rumah bumbungan pada jaman dahulu berfungsi sebagai tempat pusat pemerintahan kalau di Jawa sering disebut sebagai keraton. Keduanya memiliki fungsi yang sama. Selain bersfungsi sebagai pusat pemerintahan juga di tinggali oleh seorang raja.

Rumah ini dilengkapi tiga bagian yaitu serambi atau ruang terbuka, pamendangan atau ruang setengah terbuka. Dan yang terakhir bagian dalam yang terbagi beberapa bagian yaitu pacira, paluaran, paledangan dan panampik atau dapur.

Rumah Adat Baloy Berasal dari Kalimantan Utara

rumah adat di indonesia
themilltoymuseum.com

Rumah adat baloy merupakan rumah yang didesain panggung sama seperti kebanyakan rumah adat yang di Kalimantan. Rumah ini dilengkapi dengan ukiran yang khas dengan kearifan lokal  masyarakat pesisir pantai.

Rumah ini sebagian besar tebuat dari kayu ulin, kayu khas dari Kalimantan yang terkenal sangat kuat, tahan lama dan tidak mudah lapuk. Kayu jenis ini mempunyai sifat apabila terkena air malah akan semakin kuat dan keras.

Pada jaman dulu rumah baloy berfungsi sebagai tempat tinggal kepala suku atau sebagai balai adat. Tempat ini tersusun dari beberapa bagian dan mempunyai fungsi masing-masing. Ambir kiri berfungsi sebagai tempat menerima tamu yang akan mengadukan perkara. Ambir tengah berfungsi sebagai tempat persidangan atau pemutusan perkara.

Ambir kanan berfunsi sebagai tempat istirahat dan Lamin dalom tempat untuk kepala suku dayak tidung.

Rumah Adat Panjang Berasal dari Kalimantan Barat

rumah adat di indonesia
tourism.m2indonesia.com

Rumah adat panjang sesuai dengan namanya rumah ini mempunyai panjang sampai 180 m dan lebar 6 m. Sama seperti rumah adat Kalimantan lainnya yang konstruksinya sebagian besar menggunaka kayu ulin.

Rumah ini berdiri diatas tiang atau mempunyai struktur panggung, tinggi tiang penyangga bisa sampai 3 m. Alasan suku yang ada di Kalimantan membangun rumah panggung adalah untuk menghindari dari serangan hewan buas

Rumah panjang terdiri dari beberapa bagian, yang pertama pante atau teras berfungsi sebagai tempat bersantai.

Kedua samik atau ruang keluarga, ketiga bilik atau kamar tidur biasanya didalam satu rumah panjang terdapat 24 bilik.

Keempat uakng mik atau dapur sebagai tempat memasak semua keluarga. Biasanya para wanita akan memasak secara bersamaan  dan kemudian akan disajikan untuk keluarga besar.

Sebagian masayarakat Kalimantan Barat juga menggunakan spasi kelonggaran pada bawah rumah (perhatikan gambar sebelumnya) untuk tempat hewan peliharaan. Selain menghemat tempat juga mudah untuk pemantauan keadaannya. (Dikutip dari horseasy.com)

Rumah Adat Bolon Berasal dari Sumatara Utara

rumah adat di indonesia
wikipedia.org

Rumah adat bolon merupakan rumah yang dibuat dan ditinggali oleh suku batak. Rumah ini berbentuk panggung yang disangga oleh tiang-tiang kayu dan tiangnya memilk tinggi sekitar 2 m. Diameter kayu penyangga sekitar 40 cm.

Sebagian besar rumah ini konstruksinya memanfaatkan bahan-bahan yang sudah disediakan dialam. Seperti dinding yang terbuat dari bambu, lantai terbuat dari papan kayu dan atapnya terbuat dari ijuk.

Rumah panjang tersusun dari beberapa bagian yaitu ruangan jabu bong atau ruangan ini dikhususkan untuk kepala keluarga. Jabu soding atau ruangan untuk anak perempuan dan jabu suhat untuk anak lelaki.

Tampar piring berfungsi sebagai menerima tamu. Jabu tonga rona ni jabu rona atau ruanga khusus untuk keluarga bersantai.

Yang terakhr yang berada di bawah rumah atau kolong rumah berfungsi sebagai  menyimpan persediaan makanan.

Rumah Adat Gadang Berasal dari Sumatra Barat

rumah adat di indonesia
mygriya.com

Rumah gadang adalah rumah yang dimiliki oleh suku minangkabau, rumah ini mempunyai ukuran yang sangat besar dan panjang. Model dari rumah ini adalah panggung yang disangga tiang-tiang.

Bahan yang digunakan untuk membangun rumah hampir 100% menggunakan bahan yang diambil dari alam. Mulai dari tiang penyangga, lantai rumah dan atapnya semua memanfaatkan hasil alam.

Rumah gadang mempunyai ciri khas yang sangat unik diantaranya, mempuyai atap yag menjulang tinggi dan berbentuk menyerupai kerbau. Makna dari atap yang menyerupai kerbau adalah melambangkan kemenangan.

Dindingnya dihiasi sebuah ukiran yang bermotif flora dan fauna, ukiran tersebut mengandung makna bahwa suku minangkabau yang selalu dekat dengan alam.

Rumah Adat Limas Berasal dari Sumatra Selatan

rumah adat di indonesia
sportourism.id

Rumah adat limas mempunyai atap yang berbentuk piramida yang terpotong atau berbentuk limas, maka dari itu rumah ini diberi nama limas. Sama seperti rumah adat sumatra lainnya rumah ini berdiri diatas tiang penyangga.

Banyak tiang penyangga dan panjangnya tergantung dengan besar rumah yang akan dibangun.

Ciri khas dari rumah limas yaitu memiliki beberapa tingkatan lantai, tingkatan lantai tersebut berfungsi sebai upacara adat. Semakin tinggi seseorang yang menduduki lantai tersebut maka semakin tinggi juga kedudukannya didalam suku.

Dalam membangun rumah limas memiliki aturan tertentu salah satunya yaitu harus menghadapkan rumah kebarat dan timur. Karena mereka menganut kepada terbit dan terbenamnya matahari.

Rumah Adat Dalam Loka Berasal dari Nusa Tenggara Barat

rumah adat di indonesia
benyaminlakitan.com

Rumah adat dalam loka merupakan rumah adat yang didiami khusus untuk raja sumbawa. Dalam loka sendiri memiliki makna tersendiri yaitu dalam yang berarti istana dan loka berati dunia, jadi mempunyai arti secara keseluruhan istana dunia.

Rumah ini memiliki desain yang sangat besar sekali dan terbagi menjadi dua bentuknya sama atau kembar dan sama besar. Rumah ini masih erat dangan budaya islam maka dari itu memiliki tiang penyangga sebanyak 99 yang melambangkan sifat-sifat Allah.

Rumah Adat Musalki Berasal dari Nusa Tenggara Timur

rumah adat di indonesia
pewartanusantara.com

Rumah adat musalki merupakan rumah adat dari suku ende lio. Kata musalki sendiri gabungan dari suku kata yaitu mosa dan laki. Mosa yang berarti ketua dan laki berarti suku. Jadi mempunya arti secara keseluruhan ketua suku, memang rumah adat ini hanya diperuntukkan untuk kepala suku.

Selain menjadi tempat tinggal kepala suku tempat ini juga digunakan untuk upacara adat dan tempat untuk bermusyawarah para warga.

Rumah ini terbagi menjadi tiga bagian utama yaitu kuwa lewu atau pondasi rumah, maga atau lantai dan atap.

Rumah Adat Badui Berasal dari Banten

rumah adat di indoesia
indonesiakaya.com

Rumah badui merupakan rumah yang dibangun dengan menggunakan bahan yang sudah disediakana oleh alam. Bahan utama yang digunakan hanyalah batu, kayu dan daun kelapa yang sudah dikeringkan.

Fungsi masing-masing bahan yaitu batu sebagai bahan alas pondasi, kayu untuk pondasi rumah dan daun kelapa yang kering untuk atapnya.

Rumah ini tersusun dari beberapa bagian yaitu sosoro atau teras rumah berfungsi sebagai menerima tamu. Tepas atau ruang keluarga berfungsi sebagai tempat bersantai-santai. Ipah atau dapur berfungsi memasak dan menyimpan persediaa makanan.

Nah itulah pembahasan tentang rumah adat di Indonesia terunik dari Sabang sampai Merauke.

Untuk menambah wawasan kalian tentang kekayaan nusantara yang ada baca juga tentang tarian daerah Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *